Gubernur Ajak FKPD Sikapi Kondisi Otonomi Daerah

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi mengajak Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dapat menyikapi kondisi tumbuh-kembang otonomi daerah, terutama yang berkaitan dengan pelayanan publik.

"Dalam mendorong penyelenggaraan otonomi daerah, perlu ditingkatkan kerjasama semua unsur dalam memberikan pelayanan publik," kata Gubernur Rustam Effendi dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Sekretaris Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Budiman Ginting, pada acara Lepas Sambut Komandan Korem 045 Garuda Jaya di Hotel Aston, Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Jum'at (24/10/2014).

Hal itu dikemukakan Gubernur sehubungan bergantinya pucuk pimpinan Korem 045 Garuda Jaya dari Kolonel Infanteri Untung Budiharto kepada Kolonel Arhanud Hassanudin SIP MM.

Dikatakan Gubernur, keberadaan Korem Garuda Jaya memberi dampak positif pada koordinasi keamanan dan stabilitas di daerah. Gubernur juga menyatakan selama menjabat, banyak hal positif yang telah dilakukan oleh Kolonel Inf Untung Budiharto. Dinamisasi itu hendaknya dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan di bawah komando Kolonel Arh Hassanudin.

"Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan terima kasih mendalam atas pengabdian dan kontribusi Saudara Untung Budiharto selama menjabat Danrem Garuda Jaya. Dan ucapan selamat datang dan selamat bertugas kepada Saudara Hassanudin," tambah Gubernur.

Hal serupa diungkapkan Kolonel Inf Untung Budiharto ketika memberikan kesan dan sambutan pamit didampingi istri Ny Gustina Anjar. Dirinya berharap dapat terjalin hubungan lebih harmonis dalam sinergi positif antar FKPD untuk bersama-sama membangun daerah sesuai fungsinya masing-masing. Selama ini, menurutnya, hubungan kerjasama dan koordinasi sudah cukup baik.

"Hubungan harmonis ini memberikan kesan mendalam bagi saya selama ini. Dan saya merasa sudah menjadi warga Bangka Belitung walaupun baru sekitar satu tahun bertugas di sini," ujarnya.

Dia juga menyampaikan permintaan maaf dan terima kasih atas kerjasama berbagai pihak selama ia menunaikan tugas sebagai Danrem Gaya.

Sementara pejabat baru Kolonel Arh Hassanudin didampingi istri Ny Dessi mengatakan akan meneruskan dan menyempurnakan program kerja pejabat sebelumnya.

Sejumlah agenda positif seperti kegiatan pembinaan teritorial melalui pembinaan komunikasi sosial, ketahanan wilayah dan bakti TNI akan terus dilaksanakan guna lebih mendekatkan Korem Gaya dengan pemerintah dan masyarakat.

"Saya akan tulus dan bekerja sesuai tanggung jawab jabatan. Prinsipnya, apa yang kita lakukab harus baik, benar dan enak sesuai aturan," kata prajurit kelahiran Prabumulih, Sumsel yang pernah bertugas dalam operasi pemulihan keamanan di Aceh tahun 2005 ini.

Sebelum menjabat Danrem 045 Garuda Jaya, Hassanudin bertugas sebagai Paban I/Jakrenstra Staf Perencanaan dan Anggaran TNI AD. Sedangkan Kolonel Inf Untung Budiharto selanjutnya akan menempati posisi baru sebagai Paban IV Bindok Staf Operasi Angkatan Darat.

Selain sejumlah pejabat eselon di lingkup Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan jajaran Korem 045 Garuda Jaya, kegiatan pisah sambut dihadiri FKPD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, para komandan kodim, kapolres serta sejumlah bupati/walikota di Babel. Kegiatan diakhiri penyerahan cinderamata dan foto bersama. (ism/nata)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ismail | Nata
Fotografer: 
Ismail
Editor: 
Ismail