Gubernur Ajak Mempererat Tali Persaudaraan

Pangkalpinang – Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengajak warga untuk mempererat tali persaudaraan. Ajakan tersebut disampaikan Gubernur saat acara buka puasa bersama di Mahligai Serumpun Sebalai, Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Senin sore (22/6/2015).

“Buka puasa bersama selalu diadakan setiap tahun. Ini bertujuan mempererat tali persaudaraan antar sesama. Agar selalu terjaga kebersamaan antara kita dalam bulan suci Ramadan ini,” kata Gubernur saat menyampaikan sambutan.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara rutin menggelar safari Ramadan di tujuh kabupaten/kota. Selain berbuka puasa bersama, awal kegiatan ini juga disertai pemberian santunan kepada empat panti asuhan. Kali ini yang mendapat santunan yaitu, Panti Asuhan Yamusu, Aisyah, Ad-dhuha dan panti asuhan Annisa.

“Santunan ini diberikan agar bisa bermanfaat dan membantu anak-anak panti asuhan. Gunakan dengan sebaik-baiknya,” pesan Gubernur.

Sebelum berbuka puasa bersama, Ustad H Djakfar Sidiq saat menyampaikan ceramah menjelaskan, dalam bulan suci Ramadan bukan hanya diwajibkan untuk menahan lapar dan haus. Tetapi diwajibkan juga untuk memperbanyak amal. Terdapat lima hal yang dapat membatalkan pahala puasa di antaranya, berdusta, ngerumpi atau ghibah.

Selain itu, jelasnya, namimah atau adu domba, janji palsu dan berhubungan suami istri pada pagi atau siang hari sebelum berbuka puasa. Umat muslim yang melakukan hubungan suami isteri pada pagi maupun siang hari di bulan Ramadan dikenakan sanksi berpuasa selama dua bulan penuh.

“Puasa tersebut dapat dilakukan setelah bulan Ramadan,” jelasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Karina
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Huzari