Gubernur Apresiasi Tiga Sukses TMMD TNI

Pangkalpinang – Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung bersyukur kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) telah berlangsung lancar. Keberhasilan ini berkat dukungan semua pihak termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat. Target sukses perencanaan, sukses manunggal TNI, rakyat serta sukses mewujudkan desa terjaga dan dapat meningkatkan rasa gotong-royong telah tercapai.

“Dukungan dan kerja sama menjadi kunci keberhasilan penyelenggaraan TMMD dapat terus dipelihara dan ditumbuhkembangkan guna membangun sikap saling pengertian. Selain itu dapat meningkatkan kebersamaan serta memperkokoh rasa persatuan TNI, Polri, pemerintah daerah dan segenap elemen masyarakat,” kata Gubernur saat menutup TMMD ke 95 tahun anggaran 2015 Kodim 0413/Bangka di lapangan bola Pasir Putih, Rabu (28/10/2015).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya mewujudkan masyarakat hidup adil dan sejahtera. Ia menambahkan, tujuan utama diselenggarakan TMMD guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tak hanya itu, sebab diharapkan dengan kemanunggalan TNI dan rakyat terjadi pengurangan angka kemiskinan. Sehingga membantu pemerintah mempercepat pembangunan di daerah. Semuanya bermuara menciptakan stabilitas keamanan daerah yang mantap.

Melalui kegiatan TMMD, kata Gubernur,  masyarakat dapat menikmati hasil-hasilnya. TNI bersama pemerintah daerah telah berkomitmen memprioritaskan pembangunan daerah terisolir. Sehingga tujuan pembangunan nasional dapat diwujudkan. Masyarakat dapat mensinergikan tugas untuk membangun kebersamaan, kesatuan dan persatuan. Hasil asistensi dan evaluasi tahun ke tahun program TMMD telah menunjukan kemajuan signifikan.

“Beberapa kegiatan TMMD telah berhasil melampau target yang diinginkan. Fasilitas fisik yang sangat dibutuhkan masyarakat berhasil dibangun, seperti pembangunan jembatan, jalan, gorong-gorong dan berbagai fasilitas umum lainnya,” jelasnya.

Setelah adanya program TMMD, daerah yang semula terisolir kini mempunyai akses. Menurut Gubernur, ini berdampak memperlancar arus transportasi antara daerah dan mendinamiskan urat nadi otonomi wilayah. Proses distribusi barang dan jasa semakin baik dan lancar. Kondisi ini berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Begitu juga sasaran non fisik TMMD seperti penyuluhan bela negara, peningkatan keimanan, penyuluhan pemanasan global, kesehatan dan kelestarian lingkungan.

Selain itu, jelasnya, dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan demi memperkokoh kemanunggalan TNI dan rakyat. Program TMMD harus terus dilaksanakan dan dijadikan salah satu model masyarakat dalam melaksanakan pembangunan di wilayah pedesaan. Pemerintah dan TNI sangat memahami beban, tanggung jawab masyarakat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Untuk itu TNI ikut berperan membantu pemda mewujudkan pembangunan sehingga merata.

“Berakhirnya program TMMD, diharapkan ada tindak lanjut dari pemerintah daerah. Masyarakat yang menjadi sasaran TMMD dapat memelihara hasil-hasilnya. Sehingga masyarakat termotivasi membangun daerah sendiri dan mampu membangun wilayah agar terus mandiri,” ungkapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Rizky Fitrajaya