Gubernur: Bangun Negeri Serumpun Sebalai dengan Bekerja

Pangkalpinang - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi memimpin Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke- 15 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di lapangan Kantor Gubernur Kep Babel, Sabtu (21/11/15).
 
Upacara peringatan HUT ini di ikuti oleh pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, segenap jajaran pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota, Muspida serta siswa siswi SMA di Bangka Belitung.
 
Pada kesempatan itu, Gubernur menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat sehingga dalam usia yang masih sangat muda Provinsi Bangka Belitung bisa mencapai percepatan pembangunan yang luar biasa. 
 
"Melalui peringatan ini mari segenap masyarakat bisa menjadikan ini sebagai momentum untuk kita bersama melaksanakan percepatan pembangunan yang didasari persatuan. Pada kesempatan ini kita dapat mengevaluasi apa yang telah kita capai sekarang, kita dapat melihat bagaimana percepatan pembangunan bangka belitung dalam kurun waktu 15 tahun dan kita dapat membandingkannya dengan daerah lain sehingga kita dapat mengambil kebijakan dan menentukan target pencapaian yang harus kita wujudkan kedepan," tutur Gubernur.
 
Peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke 15 ini mengambil tema" Ayo Begawe Bersama Membangun Wisata Negeri Untuk Kesejahteraan Masyarakat". Melalui tema kali ini Gubernur mengajak seluruh elemen masyarakat dan stakeholder di Bangka Belitung untuk menjaga dan mengawal pembangunan negeri serumpun sebalai. 
 
Menurut Gubernur, makna tema ini adalah dengan bekerja bersama Bangka Belitung ingin mewujudkan citra masa depan sebagai salah satu daerah tujuan wisata. Faktor keamanan merupakan faktor utama dalam mengembangkan daerah wisata. Untuk itu Gubernur menekankan bahwa standar keamanan harus terus ditingkatkan untuk bisa mendukung kepariwisataan Bangka Belitung.
 
Sektor pariwisata merupakan salah satu domain target pengembangan yang juga didukung secara nasional karena Bangka Belitung merupakan salah satu target daerah tujuan wisata. Bangka Belitung salah satu dari 10 daerah yang menjadi prioritas pengembangan oleh pemerintah pusat.
 
"Saya berharap kita dapat menciptakan regulasi-regulasi dalam memulihkan daerah-daerah bekas tambang supaya bisa menunjang sektor pariwisata. Bukan hanya pariwisata saja, tapi kedepannya kita harus pikirkan sektor-sektor lain sebagai penunjang ekonomi selain sektor pertambangan," harap Gubernur.
 
Lebih jauh Gubernur mengatakan kondisi Bangka Belitung saat ini sudah kondusif dan sangat nyaman hendaknya didukung dengan partisipasi masyarakat karena merupakan faktor penting investor untuk membuka peluang usaha di Negeri Serumpun Sebalai ini. Pengembangan pariwisata dapat didukung dengan pemgembangan berbagai bidang seperti budaya, sejarah di setiap kabupaten/kota.
 
"Mari kita bangun provinsi yang sudah susah payah kita lahirkan melalui perjuangan yang panjang, perdebatan-perdebatan dan dialog-dialog untuk tetap bisa berdiri sebagai Negeri Serumpun Sebalai. Seluruh lapisan masyarakat agar dapat memberikan inovasi dalam pencapaian percepatan pembangunan Bangka Belitung," ajak Gubernur.
 
Pada kesempatan ini Gubernur Kepulauan Bangka Belitung berkesempatan memberikan Piala dan hadiah kepada pemenang lomba Kelompok Sadar Wisata dan Desa Wisata Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2015. Untuk Kategori Lomba Kelompok Sadar Wisata di menangkan oleh Kelompok Burong Mandi dari Kabupaten Belitung Timur dengan nilai 959,4 diikuti Kelompok Tanjong Tinggi dari Kabupaten Belitung dengan nilai 905,9 dan peringkat ke 3 adalah Kelompok Air Anyir dari Kabupaten Bangka dengan nilai 857,3. Sedangkan untuk kategori lomba Desa Wisata di menangkan oleh Desa Burong Mandi, Desa Tanjong Tinggi menempati urutan ke dua dan Desa Air Anyir menempati urutan ke tiga.
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Imeldarina Ginting
Fotografer: 
Imeldarina Ginting