Gubernur Beberkan Kontribusi Industri Sawit Bagi Perekonomian Rakyat

PANGKALPINANG - Kiat dan gebrakan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman dalam memajukan sektor pertanian menjadi inspirasi berbagai kalangan, termasuk menjadi daya pikat berbagai televisi swasta nasional untuk mewawancarai langsung Bang ER-sapaan akrab gubernur. Salah satunya CNN Indonesia yang secara khusus mengundang Bang ER dalam program CNN Indonesia Heroes. 

Seperti kita ketahui bersama, bahwa kelapa sawit menjadi salah satu komoditas pertanian yang memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia, termasuk bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sebagai penghasil kelapa sawit terbesar di dunia, industri kelapa sawit di Indonesia mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kemiskinan.

Gubernur menjelaskan peningkatan perekonomian Babel pada Triwulan II tahun 2021 tumbuh sebesar 6,85 persen dan Nilai Tukar Petani (NTP) Juli 2021 sebesar 123,67 atau naik 2 persen dibandingkan Juni 2021. Hal itu tak terlepas dari sumbangsih sektor pertanian yang memberikan kontribusi sebesar 20,47% terhadap perekonomian Bangka Belitung dan menjadi penopang pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. 

"Sub sektor perkebunan kelapa sawit merupakan salah satu kontributor terbesar dari sektor pertanian, dengan pangsa 36.09% dari total kontribusi Sektor Pertanian," kata Gubernur saat berbincang dengan Reporter CNN Indonesia di Ruang Kerja Gubernur, Senin (8/8/2021). 

Saat disinggung dukungan Pemprov. Babel untuk memajukan industri sawit, Gubernur merespon bahwa hingga saat ini segala upaya telah dilakukan Pemprov. Babel, seperti bantuan bibit sawit berkualitas, mendukung program peremajaan sawit rakyat (replanting sawit), serta fasilitasi SKIM pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan pembiayaan sejenisnya.

Langkah Pemprov. Babel dalam mensejahterakan petani kelapa sawit juga tetap memperhatikan prinsip lingkungan, seperti pembangunan kebun masyarakat (plasma), Kemitraan usaha antara petani mandiri dan pabrik kelapa sawit, serta pembenahan fasilitas guna peningkatan harga TBS kelapa sawit.

"Kami juga mengajak para petani sawit untuk menanam tanaman sela diantara sawit, seperti tanaman hortikultuta. Yang bertujuan memberikan pendapatan tambahan bagi petani terutama selama masa belum menghasilkan," jelasnya.

Selain itu, Gubernur beranggapan untuk menaikan harga komoditi sawit dibutuhkan pembenahan dari hulu ke hilir. Dan Pemprov. Babel sudah mencanangkan hal itu yakni dengan bekerjasama dengan investor yang akan mendirikan pabrik di Kabupaten Bangka Barat.

"Insya Allah tahun 2024 akan berdiri Pabrik Refinery Palm Oil di Bangka Barat, sehingga proses pengolahan sawait dapat dilakukan di Babel," ungkapnya.

Wawancara eksklusif CNN Indonesia dengan Gubernur Erzaldi direncanakan  akan tayang pada akhir bulan Agustus 2021 dalam program CNN Indonesia Heroes, yang akan mengangkat topik “Peran Sawit untuk Ekonomi Rakyat”. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Budi
Fotografer: 
Iyas Zi
Editor: 
Imelda