Gubernur Berharap TVRI Babel Semakin Maju

BELITUNG - Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung berharap TVRI Perwakilan Bangka Belitung (Babel) menjadi stasiun kebanggaan masyarakat. Beroperasinya pemancar stasiun transmisi di Gunung Tajam Belitung dan Mangkol Kabupaten Bangka Tengah sebagai pemicu peningkatan status TVRI Babel.

"Saya berharap Direktur Utama LPP TVRI dapat meningkatkan status TVRI Babel," kata Gubernur saat meresmikan pemancar TVRI Gunung Tajam dan Mangkol di Dusun Parit Gunung, Badau, Belitung, Senin (7/4/2014)

Keberadaan TVRI membantu mempublikasikan potensi di daerah. Ia menambahkan, namun dalam pengembangannya harus ada sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Sebab tidak mungkin jika semua itu dilakukan hanya mengandalkan APBD provinsi yang masih terbatas.

"Sarana prasarana, kualitas dan kuantitas siaran dapat terus ditingkatkan," tegasnya.

Sebelumnya Sahani Saleh Bupati Belitung mengatakan, penyerapan informasi dari televisi sudah lama dirasakan masyarakat Belitung. Namun kebanyakan program yang disajikan televisi swasta berupa acara hiburan. Mudah-mudahan dengan keberadaan TVRI dapat menambah informasi dan wawasan masyarakat.

"Sebenarnya sudah lama ada pemancar TVRI di Belitung ini, namun sempat tidak beraktivitas. Untuk itu saya ucapkan selamat atas kebangkitan stasiun TVRI ini," ungkapnya.

Hal senada disampaikan Iskandar Achmad Direktur LPP TVRI. Ia mengatakan, terdapat empat pemancar tersebar di Babel. Sejumlah satuan stasiun ini merupakan hibah dari PT Timah. Namun dari sejumlah stasiun tersebut mengalami kerusakan. Dari empat yang ada, sudah dua pemancar diperbaiki yakni di Gunung Tajam Belitung menggunakan dana APBD Babel dan pemancar di Mangkol, Kabupaten Bangka Tengah menggunakan dana pusat.

Tahun 2015 mendatang, jelasnya, ada 60 titik lokasi stasiun akan mendapatkan bantuan perbaikan, dan salah satunya untuk Bangka Belitung. Saat ini terdapat ratusan pemancar TVRI di Indonesia yang rusak, dan adanya bantuan dari Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, baik bantuan pemancar, kantor maupun sebidang tanah sangat membantu pihak TVRI.

"Diharapkan tahun ini stasiun TVRI Babel sudah berdiri, semua itu masih menunggu perizinan. Jika izin tersebut sudah keluar, maka stasiun di Bangka Belitung merupakan stasiun ke 28 milik TVRI," jelasnya.

Sementara Latip Pribadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, kapasitas pemancar di Gunung Tajam sekitar 2,5 kilowatt. Dan tahun ini juga akan ada bantuan pemancar yang akan ditempatkan di Gunung Muntai dan Gunung Manumbing.

"Dalam penyebaran informasi, TVRI Bangka Belitung telah melakukan kerja sama dengan TV kabel. Sudah menjadi harapan masyarakat di Bangka Belitung terdapat stasiun TVRI," ungkapnya.(hzr/adt)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari | Adit Tri Saputra
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari