Gubernur Beserta Istri Sumbang Dana untuk Pendirian Taman Bacaan yang Digagas Mahasiswa KKN

Namang--Keinginan peserta kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa IAIN Syeh Abdurahman Sidiq untuk mendirikan taman bacaan di Desa Kurau Barat, nampaknya tak lama lagi akan terwujud. Terwujudnya pendirian taman bacaan masyarakat itu setelah mereka mengungkapkan keinginan mulia ini kepada Gubernur Erzaldi Rosman dan istrinya, Melati Erzaldi, pada sesi tanya jawab pada acara Safari Ramadhan Gubernur "Santunan Anak Yatim serta Bekisah kek Masyarakat Bersama Gubernur Kepulauan Bangka Belitung" di Pasar Desa Kurau Barat,  Senin (13/5/2019).

Dalam acara itu Ketua Kelompok KKN IAIN SAS Babel,  Muhammad Arsian,  diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Dalam kesempatan itu ia mengungkapkan keinginan kelompok KKN untuk mendirikan taman bacaan dalam rangka mencerdaskan masyarakat.

"Kegiatan lain yang akan kami lakukan adalah mendirikan taman bacaan di Desa Kurau Barat, Pak Gubernur. Namun bantuan dana yang kami susun dalam proposal yang nilainya Rp. 8 juta belum ada tanggapan. Untuk itu kiranya Pemprov dapat membantu," kata Muhammad.

Menanggapi pertanyaan dari Muhammad, Gubernur meminta agar pihak mahasiswa KKN untuk menghubungi Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Pemprov Babel untuk membicarakan hal tersebut.  Namun begitu, Gubernur kembali bertanya kepada kelompok KKN mahasiswa berapa dana yang telah terkumpul untuk pendirian taman bacaan tersebut.

"Yang terkumpul baru Rp 1 juta Pak Gubernur," kata Muhammad. 
Mendengar jawaban itu kemudian Gubernur meminta istrinya untuk menyumbang secara pribadi untuk pendirian taman bacaan tersebut. Lalu atas nama keluarga, Gubernur bersama istrinya menyumbang senilai Rp 4 juta.

Sementara itu Muhammad, saat ditemui terpisah mengaku tak menyangka bahwa Gubernur secara sepontan memberikan sumbangan senilai Rp 4 juta untuk pendirian taman bacaan. 

"Tak menyangka langsung dapat bantuan. Kami mengucapkan terima kasih untuk bantuan Pak Gubernur be serta istri sehingga taman bacaan di Desa Kurau ini akan segera terwujud," katanya. 

Ditambahkan Muhammad, bantuan berupa dana itu selain untuk membeli buku juga untuk membeli semen, batoko dan barang lainnya. 

Sedangkan Melati Erzaldi, mengungkapkan, taman bacaan sangat penting untuk meningkatkan minat baca masyarakat. "Dengan semakin banyak membaca tentu pengetahuan kita akan semakin bertambah. Untuk itu saya sangat mendukung sekali pendirian taman bacaan ini," tegasnya. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Mamaq
Fotografer: 
Mamaq