Gubernur Buka Porwil IX Sumatera 2015

Pangkalpinang - Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) IX Sumatera tahun 2015 secara resmi dibuka oleh Gubernur Kep Babel Rustam Effendi, di Stadion Depati Amir Pangkalpinang, Jumat malam (13/11/2015).

Pada kesempatan tersebut, Rustam Effendi Gubernur Kep Bangka Belitung mengucapkan terima kasih karena dipercaya menjadi tuan rumah Porwil IX Sumatera. Porwil ini tidak semata-mata mencari bibit yang berprestasi, tapi ada hal yang lebih penting yaitu bagiamana kita membangun kebersamaan serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Mari bangun kebersamaan melalui pertandingan dengan mengutamakan sportivitas dalam meraih prestasi. Dan kepada para juri untuk bisa melakukan penilaian secara objektif," jelas Rustam.

Lebih jauh Rustam mengatakan bahwa Pelaksanaan porwil ini merupakan sistem kompetisi yang berjenjang dan komposisi logis dalam mencari bibit berprestasi yang nantinya akan hadir pada pertandingan yang lebih besar.

Sementara itu, Kol Inf Murlim Mariadi Ketua Umum PB Porwil IX Sumatera mengatakan bahwa Porwil IX Sumatera mempertandingkan sepuluh cabang olahraga dan memperebutkan sebanyak 486 mendali, yang terdiri dari  156 medali emas, 156 medali perak, dan 174 mendali perunggu.

"Sepuluh cabor yang terdiri dari atletik, catur, renang, bulutangkis, pencak silat, sepak takraw, biliar, bola basket, panjat tebing, dan sepak bola ini akan memperebutkan 486 mendali," jelas Murlim.

Lebih jauh Murlim mengatakan jumlah seluruh kontingen yang hadir pada porwil ini berjumlah 2368 orang. Porwil ini diikuti sebanyak 1515 atlet dan sebanyak 373 orang pelatih dan official.

Sedangkan tema porwil ini adalah dengan persatuan dalam persaudaraan, kita raih prestasi serta menjunjung tinggi sportivitas. Dengan tema ini Murlim mengharapkan agar semua atlet agar berpegang teguh pada kejujuran dan sportivitas yang dilandasi dengan semangat persaudaraan.

"Dengan begitu, nantinya kita akan melahirkan atlet yang mampu mengharumkan daerahnya bahkan bangsanya ditingkat internasional," pesan Murlim.

Sebagaimana kita ketahui, venue-venue kesepuluh cabor tersebut antara lain Stadion Belitung Timur Pelangi untuk cabor atletik, Hotel Bahamas Belitung untuk cabor catur, Kolam renang Loka Tirta Sungailiat untuk cabor renang, GOR Orom Sungailiat untuk bulutangkis, Sport Center STMIK Akma Luhur untuk pencak silat, kawasan Sport Center Pemprov Babel untuk panjat tebing, GOR Sahabuddin untuk bola basket, GOR Depati Bahrein untuk sepak takraw, Ball room Hotel Santika untuk billiar, serta Stadion Depati Amir Pangkalpinang dan Stadion Orom Sungailiat untuk cabang olahraga sepak bola.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra / Rizky Fitrajaya