Gubernur Buka Seminar Kewirausahaan UKM Mengglobal Menghadapi Industri 4.0

Pangkalpinang - Ratusan pelaku UMKM dan mahasiswa mengikuti seminar kewirausahaan UKM Mengglobal Menghadapi Industri 4.0 di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur, Senin (21/10/19). 

Seminar ini dibuka Gubernur Kep Bangka Belitung Erzaldi Rosman, dan turut hadir Ketua TP PKK Prov Kep Bangka Belitung Melati Erzaldi, Founder OK Oce Sandiaga Uno, Co Founder OK Oce Indra Uno dan Kepala BPJS Babel Aris.

Gubernur Kep Bangka Belitung Erzaldi Erzaldi mengatakan bahwa UMKM memiliki peran penting dalam menggerakan perekonomian suatu negara. Negara jika ingin ekonomi kuat, maka UMKM perlu diperhatikan dan diperkuat. Karena UMKM adalah aset bagi bangsa yang besar.

"UMKM aset yang penting bagi negara. Untuk itu, pemerintah harus memberikan perhatian demi kemajuan UMKM agar perekonomian negara menjadi kuat," katanya saat membuka seminar kewirausahaan UKM, Senin (21/10/19).

Gubernur menambahkan bahwa pelaku UMKM harus meningkatkan kemampuan diri dengan berbagai cara yang baik. UMKM harus cerdas, kreatif dan inovatif dalam menghasilkan produk yang berkualitas.

"Mari kita bersama-sama approve dan meningkatkan diri kita dengan berbagai cara yang baik. Ciptakan produk yang kreatif dan inovatif serta dikemas dengan baik. Inilah saatnya kita maju," ucap Erzaldi.

Babel akan menargetkan visit Babel 2021. Menururnya, melalui program tersebut pemerintah akan mengajak orang-orang untuk datang ke Babel. Oleh karena itu, orang datang ke Babel karena ingin melihat seuatu, membeli, merasakan sesuatu dan tentunya membawa sesuatu sebagai oleh-oleh.

"Demi mendukung program ini, UMKM Babel harus kuat, cerdas dan kreatif. Sebagai pelaksana yang kuat, UMKM harus berani memulainya, dan jangan sampai hanya rencana-rencana tanpa pernah melangkah. UMKM harus bergerak," ujarnya.

Pertumbuhan UMKM di Babel cukup signifikan. Ia melihat selam dua tahun terkahir, sudah banyak produk yang kreatif dan memiliki kemasan cukup baik. Namun, masih ada satu kelemahanya, yakni pelaku UMKM cepat merasa puas.

"Pelaku UMKM jangan cepat berpuas diri. Kita harus terus kembangkan usaha agar bisa memberikan pekerjaan bagi orang lain. Memberikan pekerjaan kepada yang lain itu sedekah. Itu lah yang harus dibanggakan," ucapnya.

Sementara Founder OK Oce Sandiaga Uno mengatakan OK Oce bekerjasama dengan Pemprov dan PKK Prov Kep Bangka Belitung untuk mengembangkan UMKM. Keberadaan OK Oce akan mendata pelaku UMKM melalui sistem OK Oce dan akan memberikan pendampingan agar pelaku UMKM bisa berkembang.

"Sekarang, kita melakukan kerjasama, dimana pendataan dan pendampingian jadi bagian dari kerjasama ini. Pendataan dengan sistem sangat penting karena akan mampu membangun jaringan dan meningkatkan silaturahim," katanya.

Bangka Belitung memiliki potensi yang luar biasa, seperti lada, perikanan, madu, timah dan pariwisata.

"Potensi pariwisata Babel besar dan dinilai paling mampu menggerakan ekonomi. Pariwisata memiliki multi efek yang besar dan harus dimanfaatkan pelaku UMKM," ujarnya.

Sandiaga menambahkan, pariwisata Babel harus dikembangkan, hal ini sejalan dengan Visit Bangka Belitung 2021. Lewat program ini, orang akan datang mengunjungi dan melihat pariwisata, dan UMKM akan mendapat efek dari kunjungan tersebut.

"UMKM bisa menyediakan produk unggulan, transportasi, akomodasi, kuliner, dan oleh-oleh. Produk seperti madu harus dikemas dengan baik dan dijadikan produk unggulan Babel yang berkualitas," tambahnya.

Sumber: 
DKUKM Babel
Penulis: 
Surianto