Gubernur: Ciptakan Kreasi Baru Pengolahan Ikan

Beltim – Peningkatan konsumsi ikan lebih mudah terwujud jika didukung seluruh komponen. Tahun ini, sejumlah anak-anak dilibatkan dalam kegiatan Kampanye Gemarikan (Gerakan memasyarakatkan makan ikan). Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong minat anak-anak mengonsumsi ikan, sehingga berdampak pada peningkatan kecerdasan, kekuatan dan kesehatan.

Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, melalui lomba masak ikan terciptanya kreasi baru dalam penyajian, pengolahan ikan. Selain itu, dengan adanya ekpor ikan hias ke eropa dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Bangka Belitung.

“Ciptakan kreasi baru dalam penyajian pengolahan ikan,” kata Gubernur saat Kampanye Gemarikan dan Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi tahun 2015, di Pantai Nyiur Melambai, Desa Lalang, Belitung Timur, Kamis (11/6/2015).

Sarjulianto Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, sasaran ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan lomba masak serba ikan dan kampanye Gemarikan antara lain, terciptanya peningkatan budaya makan ikan di masyarakat, tersosialisasi manfaat makan ikan bagi kesehatan dan kecerdasan.

“Diharapkan juga tercipta keanekaragaman menu masakan berbahan dasar ikan serta terbukanya peluang pasar produk perikanan dalam negeri. Kegiatan ini merupakan upaya peningkatan konsumsi ikan,” katanya

Kegiatan yang dimotori Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tersebut diikuti tujuh kabupaten/kota se provinsi. Pemenang pertama lomba PKK Beltim, posisi kedua Kabupaten Belitung dan urutan tiga Kota Pangkalpinang. Rencananya, pemenang lomba pertama akan diikutsertakan pada lomba masak serba ikan tingkat nasional tahun 2015, di Jakarta bulan November mendatang.

Tujuan kegiatan lomba masak serba ikan dan kampanye Gemarikan, jelasnya, untuk menggali kekayaan khasanah makanan berbahan baku ikan di tanah air. Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan minat konsumsi ikan di masyarakat dan memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan.

“Tingkatkan peluang pangsa pasar ikan dan produk ikan dalam negeri bagi kesejahteraan masyarakat, khususnya nelayan, pembudidayaan, pengolah dan pemasar hasil perikanan,” ungkapnya.

Selain kegiatan lomba masak serba ikan dan kampanye Gemarikan, dilakukan penandatanganan MoU pengembangan karang hias dan ikan hias air laut dan peningkatan SDM kelautan dan perikanan. MoU yang ditandatangani Basuri Tjahaja Purnama Bupati Belitung Timur dan Artati Idiari Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) tersebut disaksikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Sebelumnya Leni Rustam Effendi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, keberhasilan pembangunan suatu bangsa, sumber daya manusia berkualitas, cerdas, produktif dan sehat didukung gizi baik serta konsumsi pangan sehat dan bermutu.

“Upaya mewujudkan ketahanan pangan dan gizi menjadi sebuah keharusan bagi suatu bangsa, terutama Indonesia,” jelasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Karina
Fotografer: 
Reni
Editor: 
Huzari