Gubernur Erzaldi Ajak Warga Desa Rambak Bersedekah

SUNGAILIAT - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman pimpin salat Jumat di Masjid Al-Muhajirin Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Jumat (26/02/2021).

Gubernur Erzaldi dalam khotbahnya mengajak para jamaah agar lebih memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt dengan selalu berupaya memperbaiki diri dalam konteks melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Menurut Bang ER, sebagai khalifah di muka bumi, manusia memiliki tanggung jawab terhadap Allah Swt atas apa yang ia lakukan di muka bumi ini. 

"Manusia akan dimintai pertanggungjawaban di hadapan Sang Pencipta atas hal-hal yang telah diamanahkan kepada manusia selama hidup di dunia. Karena apa yang ada di muka bumi adalah milik Allah, harta kekayaan hanyalah titipan," ujarnya. 

Lebih lanjut, pria yang juga kerap mengadakan Sajadah Fajar menjelaskan bahwasanya harta bukanlah nikmat semata, melainkan juga ujian. Barang siapa takut kepada Allah dalam masalah harta, lalu membelanjakannya sesuai rida Allah, seperti memberikan makan kepada orang miskin dan menolong agama Allah, serta meninggikan kalimatnya, niscaya Allah akan memberikan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Kemudian, sesuai dengan tema yang diangkat dalam khotbahnya yakni 'sedekah membawa berkah', orang nomor satu di Babel ini mengungkapkan dahsyatnya sedekah yang dapat mendatangkan keberkahan Allah. Makna Alquran surah 133-134 yang menjanjikan surga bagi orang-orang yang menafkahkan hartanya baik di waktu lapang maupun sempit dapat menjadi motivasi bagi orang-orang beriman untuk membelanjakan hartanya di jalan Allah. 

Di kesempatan yang sama, Bang ER mengingatkan masyarakat untuk selalu menjalankan protokol kesehatan agar penyebaran Covid-19 di Babel dapat diputuskan. Hal ini tentu saja agar ekonomi masyarakat dapat bangkit kembali. 

Ketua Masjid Al-Muhajirin, H. Abd. Aziz dalam kesempatan ini mengungkapkan rasa syukur atas kehadiran gubernur beserta rombongan di Desa Rambak, karena memang kedatangan Bang ER telah ditunggu dan sangat diharapkan warga. 

Program Safari Jumat merupakan program rutin gubernur dengan tujuan membangun silahturrahmi sekaligus mendengarkan masukan langsung dari masyarakat agar pembangunan di daerah Bangka Belitung dapat berjalan sebagaimana mestinya. 

Dalam rangkaian Safari Jumat kali ini, gubernur menyerahkan bantuan zakat kepada 114 orang mustahiq. Bantuan ini disalurkan melalui BAZNAS Provinsi hasil dari zakat para ASN Babel. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Hasan. A. M
Fotografer: 
Rafiq
Editor: 
Dini