Gubernur Erzaldi Dorong Kelompok Peternak Wujudkan Swasembada Daging Sapi di Bangka Belitung.

 PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mendorong kelompok peternak sapi mengembangkan usahanya, sehingga hasil produksinya dapat memenuhi kebutuhan akan daging sapi di Bangka Belitung yang pada akhirnya terwujud swasembada di provinsi ini. 

Hal itu diungkapkan Gubernur Erzaldi saat menerima para ketua kelompok sapi penerima bantuan dari pemerintah di Ruang Tanjung Pendam, Kantor Gubernur Kep.Bangka Belitung, Selasa, (5/5/20).

Lebih lanjut Gubernur Erzaldi mengatakan pemerintah menaruh perhatian kepada para petani/peternak sapi, artinya pemerintah memberi bantuan kepada para peternak berikut pakan, hingga alat pencacah pakan. 

Diharapkan para peternak jangan hanya mengelola sapi bantuan dari pemerintah saja, tetapi harus didampingi atau ditambah dengan program penggemukan sapi, yang memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). 

Gubernur Erzaldi menjelaskan para peternak antusias atas program pemanfaatan KUR ini. Karena dengan ditambahnya program KUR nanti ada dua strategi bisnis yang dijalankan oleh para peternak. Selain efisiensi dari segi pengelolaan dan ketersediaan pakan, hasil yang didapat akan lebih menguntungkan

Dinas pertanian tetap akan mendampingi para petani/peternak dalam mengembangkan usahanya ini. Para kelompok peternak ini akan dibuat sebuah komunitas yang akan mengelola peternakannya dengan profesional.

Gubernur Erzaldi yakin dengan program ini, Bangka Belitung di tahun 2024 nanti akan swasembada dan tidak mendatangkan daging sapi dari luar untuk memenuhi kebutuhan lebaran Idul Adha maupun Idul Fitri.

Gubernur Erzaldi juga yakin dengan program ini para petani akan menjadi pengusaha sukses.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel, Junaidi, yang pada kesempatan itu ikut mendampingi Gubernur Erzaldi menambahkan, saat ini pihaknya mengumpulkan para kelompok ternak penerima bantuan 10 bibit sapi betina dan alat pengolah pakan ternak. Mereka diarahkan bukan hanya memelihara sapi bibit dari bantuan pemerintah, tetapi juga memelihara sapi potong (Penggemukan Sapi) dengan sumber pembiayaan dari KUR.

Pada kesempatan ini para peternak akan mendapatkan motivasi dan arahan dari Gubernur Erzaldi agar memanfaatkan bantuan ini secara optimal. Pihaknya yakin dengan apa yang dilakukan ini, para peternak akan semakin berkembang.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Iyas Zi
Editor: 
Listya