Gubernur Erzaldi : Kita Dorong Pegiat Koperasi sebagai Ujung Tombak Kekuatan Ekonomi

 

PANGKALPINANG - Kehadiran koperasi sebagai badan usaha untuk memenuhi kebutuhan di bidang ekonomi, sosial, dan budaya bagi masyarakat atau antar anggotanya, memiliki peran penting dalam perkembangan perekonomian nasional dan daerah. 

Untuk itu, dalam sambutannya pada kegiatan peringatan Hari Koperasi Nasional ke-74 dengan tema "Transformasi Digital Bisnis Koperasi Menuju Koperasi Kuat Modern dan Mandiri" di Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Babel, Kamis (15/7/21) pagi, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman memberikan apresiasi kepada koperasi di Babel yang tetap eksis, terlebih di masa Pandemi Covid-19 ini.

"Saya hadir di sini untuk menyemangati dan memotivasi pegiat UMKM dan koperasi untuk terus berkarya dengan semangat yang tak kenal lelah, terlebih di tengah pandemi," ujarnya.

Gubernur yang pernah menerima penghargaan sebagai Perangkat Daerah Bidang Koperasi dan UKM terbaik tahun 2017 oleh Menteri Koperasi dan UKM RI ini mengatakan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka  Belitung (Pemprov. Babel) akan memberikan perhatian lebih bagi para pegiat UMKM. Sebab, menurut gubernur, koperasi dan UMKM merupakan ujung tombak perekonomian Babel.

"Pemerintah selaku pelayan masyarakat harus terus mendorong agar masyarakat, terkhusus koperasi umum sebagai ujung tombak kekuatan ekonomi," katanya menambahkan.

Lebih lanjut, Gubernur Erzaldi juga mengatakan, Iduladha 1442 H yang akan dirayakan oleh umat Islam pada tanggal 20 Juli 2021 mendatang, menjadi momentum terdekat bagi pelaku UMKM dan pegiat koperasi untuk memasarkan produk-produknya, baik di pasar lokal maupun pasar nasional.

'Jelang Iduladha, kita terus mendorong pelaku UMKM ini untuk terus berkreasi. Terlebih hari ini kita rayakan hari koperasi, dari komunitas usaha kecil ini ekonomi bisa terangkat, masyarakat bisa terberdaya. Ini harus terus digemakan untuk memberi semangat," kata gubernur.

Salah satu yang harus menjadi perhatian pelaku UMKM dan koperasi ialah memaksimalkan teknologi dalam memasarkan produknya dengan memanfaatkan e-commerce. 

"Mereka (pelaku UMKM dan koperasi) ini harus terus berupaya dikenalkan dengan digitalisasi dan harus ditangkap peluang ini. Ajak koperasi UMKM mengenal teknologi," ujarnya.

Gubernur yang akrab disapa Bang ER, meminta kepada Dinas Koperasi dan UMKM Babel untuk terus melakukan pembinaan terhadap Koperasi dan UMKM di Bumi Serumpun Sebalai ini. 

"Tugas dinas koperasi bagaimana mendorong ini.
Penjual yang jauh bisa didekatkan dengan teknologi. Kalau ada pembinaan, bagaimana teknisnya kembangkan saja, harus dicoba," terangnya.

Dengan kemampuan memanfaatkan teknologi ini, semakin mempermudah calon konsumen untuk mengetahui, dan juga mempermudah dalam transaksi. 

"Dulu bayar pakai uang, sekarang bisa pakai handphone. Sekarang tidak lagi pakai uang tapi  dengan barcode selesai," tambahnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel, Yulizar Adnan, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 7 koperasi, dan 14 UMKM dari Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, dan Bangka Barat. 

"Semoga dengan kegiatan ini bisa memberikan manfaat dan memotivasi pegiat koperasi dan UMKM dan bisa bersaing memasarkan produknya di era teknologi ini," ungkapnya.

Usai acara, Gubernur Erzaldi bersama Ibu Melati Erzaldi yang sekaligus Ketua Dekranasda Babel, dan para undangan yang hadir di antaranya perwakilan PT Timah, pihak perbankan Bank Indonesia, BRI, Bank Sumsel Babel, serta Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov. Babel melakukan peninjauan ke berbagai stand koperasi dan UMKM.
 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Caturangga
Fotografer: 
Iyas Zi
Editor: 
Lisia Ayu