Gubernur Erzaldi: Kita Persiapkan Anak-Anak Jadi Seorang Pencerah dan Generasi Islami

SUNGAILIAT - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, merasa bahagia atas hadirnya sekolah Islam di Bumi Serumpun Sebalai. Ia meresmikan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Darul Qur'an, Kelurahan Kudai, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Rabu (15/9/21).

Sekolah Islam seperti SDIT Darul Qur'an ini, menurut Gubernur Erzaldi dalam sambutannya, merupakan sarana pendidikan yang tepat bagi anak-anak. Dari pendidikan agama yang sudah diterima sejak usia dini inilah, akan mencetak generasi yang Islami. 

"Kita harus memperhatikan pendidikan anak sejak dini, harus dikontrol, karena itu adalah kuncinya. Sebab, 80 persen otak kita terisi pada usia di bawah 10 tahun. Bayangkan kalau usia mereka diisi dengan hal kebaikan, diisi ayat-ayat Alquran. Bayangkan juga kalau pembelajaran diisi dengan kebencian, generasi ini akan menjadi generasi pembenci," ujarnya.

Jika terus memperoleh pendidikan Islam yang dimulai sejak sekolah dasar, terlebih diteruskan hingga jenjang lebih tinggi melalui pesantren, diungkapkan kembali oleh Gubernur Erzaldi, akan menjadikan anak-anak lebih mencintai agama dan nabi Muhammad Saw, serta menjadi anak yang berkarakter.

"Yoh, kita dukung Darul Qur'an ini. Kita persiapkan betul-betul pendidikan mereka agar siap menjadi pemimpin yang membangun bangsa, menjadi seorang pencerah, dan bermanfaat bagi banyak orang. Kita inginnya anak ini menjadi generasi Islami, kalau itu terwujud senang juga kita orang tua," katanya.

Untuk itu, gubernur juga berpesan kepada orang tua santri yang turut hadir dalam kegiatan tersebut untuk tetap memberikan perhatian khusus terhadap tumbuh kembang anak, serta aktivitas putra-putri mereka dalam kehidupan sehari-hari. Dirinya pun meminta orang tua memberikan kasih sayang yang dibutuhkan anak-anak.

"Tapi jangan sayang berlebihan, karena nanti ditakutkan akan timbul anak-anak generasi manja. Bagus bapak/ibu memilih anaknya disekolahkan di SDIT ini, tapi jangan lupa bagaimana implementasi di masyarakat apa yang sudah dipelajari di sekolah. Kita jadikan generasi ini timbul menjadi calon pemimpin yang hebat," pungkasnya.

Selain meresmikan gedung sekolah, Gubernur Erzaldi juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan asrama santri Ma'had Tahfid'z Darul Qur'an Babel. Kegiatan itu juga dihadiri Kepala Kanwil Kemenag Babel, Kepala BNN Babel, perwakilan Kanwil BPN, dan pengurus MUI Sungailiat.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rangga
Fotografer: 
Saktio
Editor: 
Lisia Ayu