Gubernur Erzaldi Lepas Jemaah Haji: "Jaga Kesehatan Bapak Ibu Semua"

PANGKLPINANG--Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman,  melepas keberangkatan jemaah calon haji asal Bangka Belitung yang akan menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekah.

Jumlah jemaah calon haji yang dilepas Gubernur pada Jumat pagi (12/7) di Gedung Asrama Haji Babel Air Itam Pangkalpinang, tergabung dalam kloter 7 yang berjumlah 448 jemaah. 

Jumlah kloter 7 akan diberangkatkan terlebih dahulu menuju Palembang dalam dalam tiga flight.  Untuk flight pertama berjumlah 135 jamaah asal Kabupaten Bangka,  flight kedua 149 jemaah asal Kabupaten Bangka,  dan flight ketiga 159 jemaah asal Kabupaten Bangka Tengah. Selain itu ditambah 5 orang untuk petugas haji atau kloter

Gubernur dalam sambutannya mengajak para calon jemaah yang akan menunaikan ibadah haji untuk selalu menjaga kesehatan dan disiplin. 

"Jaga kesehatan bapak ibu semua. Karena cuaca di Mekah dari informasi yang saya dapat 42 derajat. Artinya cuaca sangat panas. Banyak-banyak minum agar badan tetap fit," pesan Gubernur.

Selain itu tambah Gubernur, para jamaah calon haji agar disiplin dalam melaksanakan ibadah atau rukun haji lainnya. Jangan sampai terlambat sehingga akan mengganggu pelaksanaan ibadah. 

"Pesan saya juga harus disiplin,  jangan sampai terlambat,  sebab jika ada satu jemaah terlambat, maka akan mengganggu jemaah lainnya sebab di Mekah akan ada jutaan orang. Untuk itu harus disiplin dan kekompakan harus terus dijaga," katanya. 

Lainnya pesan Gubernur agar para jamaah untuk tidak mengucapkan kata-kata yang tidak baik dan tidak marah selama melaksanakan ibadah haji.  Selain itu Gubernur juga berpesan agar para jamaah jangan terlalu banyak di apartemen dan tidak berbelanja secara berlebihan. 

"Tujuan kita untuk ibadah haji, niat marah dengan orang jangan terucap. Jangan mengganggu ibadah orang. 
Jangan terlalu banyak di apertemen. Jangan terlalu banyak belanja sebab akan repot. Kalau mau belanja akan ada waktunya. Semoga bapak ibu dapat melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya. Penuh kesabaran tulus dan ikhlas serta bisa pulang dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur. 

Kabag TU Kantor Wilayah Kementerian  Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Robuan,  mengatakan jumlah jamaah hari Bangka Belitung pada tahun 2019 berjumlah 1242 dan ditambah 8 TPHT. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Mamaq
Editor: 
Mamaq D