Gubernur Erzaldi Rosman Ajak Para Jurnalis Jaga Kondisi Babel dari Keresahan Covid-19

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengajak para jurnalis untuk bersama-sama menjaga kondisi Kepulauan Bangka Belitung dalam menghadapi kondisi penyebarluasan Corona Virus Disease-19 (Covid-19).

Berbagai pemberitaan terkait Covid-19 yang terus-menerus disampaikan di berbagai media massa mampu menggiring pemikiran masyarakat.

“Saya mengajak para jurnalis, baik pemerintah maupun swasta, ini saatnya kita bahu-membahu mengamankan daerah kita dengan memberikan pemberitaan yang proporsional dan profesional, agar masyarakat dapat tetap berpikir positif walaupun dalam situasi waspada,” ungkap Gubernur Erzaldi Rosman yang ditemui di Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Air Itam, Pangkalpinang, Jumat (20/3/2020).

Gubernur Erzaldi Rosman mengatakan bahwa sejatinya jurnalis memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk opini masyarakat, terlebih disaat menghadapi situasi luar biasa seperti kasus Covid-19.

“Kita sedang menghadapi situasi luar biasa. Dalam keadaan seperti ini, opini publik dapat dengan mudah bergulir. Kita lah yang harus peduli untuk menjaga kestabilannya. Saya yakin para jurnalis di Bangka Belitung dapat mengimplementasikan tugasnya dengan profesional,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, pemberitaan penyebarluasan Covid-19 marak di berbagai media massa, baik lokal, nasional hingga internasional.

Tidak hanya berita yang dapat dipastikan kevalidannya, berita bohong atau hoakspun banyak disebarkan untuk memperkeruh suasana.

Tugas sebagai jurnalis memikul tanggung jawab yang besar dalam memproyeksikan kerja pemerintah.

“Saya memahami bahwa menjadi seorang jurnalis bukan perkara sepele. Mereka menyampaikan berbagai kebijakan pemerintah kepada masyarakat dan harus dipastikan bahwa apa yang disampaikan itu benar sesuai dengan kebijakan dimaksud. Dengan demikian masyarakat bisa tahu apa yang dikerjakan oleh Pemerintah,” ungkapnya.

Terakhir, Gubernur Erzaldi Rosman berharap para jurnalis terus menjaga kredibilitasnya demi tujuan mulia.

“Saya harap semua jurnalis yang ada di Bangka Belitung ini dapat menjaga kredibilitasnya dan saya percaya itu. Ini semua demi tujuan yang mulia. Kita harus optimis bahwa apapun profesi kita, kita mampu memberikan kontribusi positif bagi Bangka Belitung. Dan situasi saat ini adalah salah satu tahapan proses pembelajaran bagi kita semua,” ungkapnya.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Uki
Fotografer: 
Dokumentasi Bidang IKP
Editor: 
Listya