Gubernur Erzaldi Rosman Sosialisasi dan Patroli Guna Antisipasi Penyebaran Covid-19

TOBOALI - Dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona di Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Pemprov. Kep. Bangka Belitung (Babel) melakukan patroli ke setiap kabupaten dan kota dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Kadis Tajudin mengatakan, kunjungan Gubernur Erzaldi Rosman bersama kapolda ke Pelabuhan Sadai, Toboali, Bangka Selatan adalah dalam rangka untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona di wilayah Kep. Babel.

Hal ini dimulai dari Pelabuhan Sadai, Pelabuhan Lepar Pongok, dan Kabupaten Bangka Selatan, kegiatan ini dipimpin langsung oleh Gubernur Erzaldi Rosman, diikuti oleh Kapolda Kep. Babel Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat, Kadishub Provinsi Kep. Bangka Belitung, K. A Tajudin, Kadinkes Provinsi Kep. Bangka Belitung, Mulyono Susanto, serta para OPD pemprov lainnya, dan tim relawan, Rabu (18/3/20).

"Sadai seperti kita ketahui salah satu pelabuhan yang cukup sibuk karena di sini ada penyebrangan dari Bangka ke Belitung dengan jumlah penumpang yang cukup ramai, termasuk penyebrangan kendaraan. Inilah yang menjadi nilai titik yang menjadi perhatian Pak Gubernur untuk mencegah hal -hal yang tidak kita inginkan terjadi yang berkaitan dengan Virus Corona," ungkapnya.

Adapun yang akan dilakukan di Sadai ini antara lain, melakukan sosialisasi dari tim satgas kepada masyarakat di Sadai, penyemprotan disinfektan mulai dari terminal penumpang di kapal ini untuk memastikan tidak ada potensi untuk penyebaran Virus Corona di wilayah Pelabuhan Sadai.

Selain ke Sadai, beliau juga akan ke Pulau Lepar untuk melakukan kegiatan yang sama, dalam upaya meminimalisir penyebaran Virus Corona ini.

"Kegiatan -kegiatan Pak Gubernur dan Kapolda ini menjadi salah satu atas perhatian pemerintah dalam mengantisipasi tersebarnya Covid-19 di Kepulauan Bangka Belitung. Selain di Sadai, gubernur juga akan meninjau pelabuhan lain seperti di Pelabuhan Pangkal Balam, Tanjung Kalian Muntok, pelabuhan di Belinyu. Inilah pelabuhan - pelabuhan yang menjadi pintu masuk, nah tentu saja upaya -upaya yang dilakukan didukung oleh seluruh masyarakat. Sehingga upaya meminimalisir Virus Corona tersebar di Kep. Babel menjadi lebih efektif, karena semua mendukung," ungkapnya.

Gubernur Erzaldi Rosman mengatakan, sesuai hasil rapat bersama forkopimda tentang mengantisipasi penyebaran Virus Corona di Kep. Bangka Belitung. Salah satunya adalah meninjau pelabuhan yang ada di Kep. Babel dan hari ini dimulai di Pelabuhan Sadai ini, yang mana Pelabuhan Sadai ini pintu masuk dari pulau Bangka ke Belitung dan sebaliknya, dan untuk pelabuhan perintisnya dari Pelabuhan Tanjung Periuk dan Kalimantan.

"Jadi kita memberikan harapan baik kepada petugas di sini untuk melakukan survei - survei yang berkenaan pencegahan Corona. Karena, pelabuhan itu salah satu pintu masuk manusia yang harus kita tindak lanjut. Dalam rangka penanggulangan pencegahan corona ini di pelabuhan ini, kita sudah memberikan arahan sekaligus kita tadi melihat sejauh mana satgas penanggulangan Corona ini dengan melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas-fasilitas umum yang kita kerja samakan dengan Polri dan komunitas-komunitas lainnya," ungkap Gubernur Erzaldi Rosman.
 
Gubernur Erzaldi Rosman menegaskan, dalam hal pencegahan Virus Corona, Pemprov. Kep. Babel telah menyiapkan thermo scanner. Sebanyak 500 thermo scaner diperkirakan dalam minggu ini sudah tersedia untuk ditempatkan di fasilitas umum, sehingga tim satgas dapat mengkukur suhu tubuh manusia di tempat umum tersebut,dan kebiasaan hidup sehat ini harus membudaya di tengah masyarakat.

Di Pelabuhan Sadai, selain memberikan sosialisasi kepada masyarakat setempat, Gubernur Erzaldi Rosman dan rombongan meninjau terminal penumpang terkait kebersihan terminal, supaya para penumpang kapal terjaga kesehatannya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Hasan
Fotografer: 
Saktio
Editor: 
Listya