Gubernur Erzaldi Tanda Tangani Kerja Sama Kemitraan Tanaman Porang

TEMPILANG – Salah satu upaya Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) meningkatkan ekonomi masyarakat adalah menggalakkan para petani di setiap kabupaten dan kota di Babel untuk membudidayakan tanaman porong.

Oleh karenanya, untuk mewujudkan hal tersebut Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menghadiri kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Kemitraan Pembiayaan Dan Offtaker Tanaman Porang di Desa Sinar Surya.

Meskipun tanaman porang merupakan hal yang baru untuk di Babel namun, komoditi ini memiliki peluang yang bagus, karena merupakan komoditi ekspor, pembelinya sudah ada, dan penjamin modal juga ada yaitu melalui program KUR di Bank BRI. 

“Petani sekarang tidak boleh lagi bertani dengan satu jenis komoditi saja, akan tetapi harus beragam, supaya satu sama lainnya dapat menunjang,” ungkap Gubernur Erzaldi.
 
Oleh karena itu, Pemprov. Babel melalui Dinas Pertanian akan terus mendampingi para petani termasuk melalui jaminan asuransi jamkrida.

Harapannya dengan rencana yang sudah disusun ini, komoditi  porang ini berhasil memberikan keuntungan kepada masyarakat.

Mengakhiri kegiatan, Gubernur Erzaldi dan rombongan melakukan penanaman porang perdana di Desa Sinar Surya. 

Jufri, salah seorang petani Desa Sinar Surya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Erzaldi dan pihak yang terkait sehingga, rencana penanaman porang terealisasi dengan baik dengan harapan memberikan hasil yang baik.
 
"Terima kasih kepada Bapak Gubernur, rencana kami ingin menanam porong didukung sepenuhnya oleh Gubernur Erzaldi karena, porang kami dijamin pembelinya, bibit, dan modal usaha melalui KUR," ujarnya. 

Hengki Sujono selaku pembeli porang merasa bersyukur karena, Gubernur Erzaldi Rosman merupakan salah satu gubernur yang mendukung  petani menanam porang, ini menjadi motivasi bagi petani .

"Karena kegiatan ini sudah terencana dengan baik, saya yakin petani porang di Babel berhasil, " ujarnya. 

Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Erzaldi Rosman, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kabupaten Bangka Barat, Direktur PT Surya Jaya Modernteknika Nusantara, Kepala Cabang BRI Pangkalpinang, dan undangan lainnya serta petani. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Hasan A. M.
Fotografer: 
Saktio
Editor: 
Listya