Gubernur Imbau Pemda Bantu Pembangunan SPN

Bangka – Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengimbau agar pemda ikut membantu pembangunan fasilitas di Sekolah Polisi Negara (SPN) Lubuk Bunter, Desa Balunijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka. Kali ini giliran Pemda Bangka Tengah memberi bantuan pembangunan Gedung Dojo yang rencananya digunakan sebagai tempat latihan beladiri siswa kepolisian.

Sebanyak Rp1.392.180.000 dana APBD Pemda Bangka Tengah dialokasikan untuk pembangunan gedung tersebut. Diperkirakan pembangunan gedung selesai bulan Juli mendatang. Saat peletakan batu pertama pembangunan gedung, Gubernur mengharapkan agar gedung ini dapat dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga bermanfaat bagi bagi siswa yang menjalani pelatihan di SPN Lubuk Bunter ini.

“Beberapa waktu lalu, kita telah melakukan wisuda perdana siswa SPN ini. Hadirnya Gedung Dojo dapat menjadi sarana dan prasarana pelengkap, dan mudah-mudahan akan menyusul pembangunan gedung lain dari bantuan bupati-bupati lainnya. Sebab sebelumnya sudah ada komitmen dari para bupati untuk membantu pembangunan fasilitas SPN tersebut,” kata Gubernur, Rabu (22/1/2014).

Gubernur menginginkan agar SPN Lubuk Bunter mempunyai fasilitas lengkap. Sehingga SDM kepolisian yang menjalani pendidikan di sekolah ini menjadi berkualitas. Pasalnya pertumbuhan penduduk di Indonesia begitu cepat, dan untuk menciptakan kamtibmas kondusif diperlukan sumber daya kepolisian yang baik pula.

Sementara Erzaldi Bupati Bangka Tengah mengatakan, pembangunan gedung ini untuk memenuhi salah satu prasarana pendidikan dan latihan beladiri bagi calon polisi. Adapun luas bangunannya sekitar 450 meter persegi. Pembangunan ini merupakan bantuan hibah Pemda Bangka Tengah kepada kepolisian.

“Saya berharap pembangunan gedung ini dapat bermanfaat bagi pendidikan kepolisian. Sehingga SPN dapat menghasilkan brigadir polisi yang profesional sesuai harapan,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Brigjen Pol Budi Hartono Untung. Menurutnya, sejak SPN ini diresmikan bulan Juni 2013 telah berhasil mendidik brigadir polisi sebanyak seratus orang. Hal itu menunjukan SPN Lubuk Bunter telah beroperasional dengan baik sebagaimana SPN lainnya, meskipun dengan sarana dan prasarana terbatas. Setiap lulusan SPN Lubuk Bunter harus menjadi sosok Polri profesional dan bermoral. Selain itu mampu mengemban tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Saya yakin dengan dilandasi semangat dan komitmen kuat antara pemerintah daerah, maka SPN Lubuk Bunter akan lebih baik lagi. Terutama dalam mendidik brigadir Polri yang merupakan putra daerah Bangka Belitung,” jelasnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, keberadaan SPN ini merupakan keinginan masyarakat Bangka Belitung. Harapan ke depan agar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat berkembang sesuai dinamika masyarakat dan pembangunan daerah. Itu semua untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lainnya. Kemajuan tetap menjadi tanggungjawab bersama, baik Polri maupun pemerintah daerah dan masyarakat. Terutama dalam hal kelengkapan fasilitas penunjang pendidikan.

“Dukungan dari bupati untuk melengkapi sarana dan prasarana SPN yang belum terwujud, agar dapat segera direaliasaikan. Karena fasilitas sangat dibutuhkan guna mendukung proses belajar mengajar di sekolah ini. Sehingga brigadir yang didik dapat menjalankan tugasnya sesuai harapan kita bersama,” harapnya.(hzr/adt/rf)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari | Adit Tri Saputra
Fotografer: 
Rizky
Editor: 
Huzari