Gubernur Imbau Semua Kalangan Patuh Bayar Pajak

PANGKALPINANG--Berkaitan dengan pelaporan Surat Pemberitahuan  Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan dan Wajib Pajak, Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengakui banyak masyarakat yang bingung dan belum mengetahui  cara mengisi laporan wajib pajak yang tiap tahun dilaksanakan tersebut.
"Nanti tolong tim pajak untuk terus mensosialisasikan pengsian laporan pajak ini. Kami bersedia dan akan membantu menyampaikan sosialisasi untuk masyarakat dan pedagang di Kota Pangkalpinang," ujar Erzaldi. 

Untuk persentase dari keberhasilan kantor pajak untuk wilayah  Pulau Bangka mencapai 90 persen, Kota Pangkalpinang 75 persen dan Pulau Belitung 78 persen.

Gubernur Erzaldi juga mengatakan, khusus untuk di Pangkalpinang dan Belitung harus menjadi perhatian.  Sehingga Erzaldi berharap semua pihak saling membantu agar tidak ada masyarakat yang tidak bayar pajak.  

 "Pangkalpinang ini kota dagang yang pasti saya yakin angka 75 persen ini ada dan banyak sekali  pedagang yang tidak punya NPWP.  Misalnya jika dibandingkan perputaran uang di Kota Pangkalpinang  dengan pajak yang terbayar itu sangat jauh dan ini nanti harus menjadi satu kajian bagaimana seharusnya disosialisaaikan agar masyarakat kita ini patuh terhadap pajak," tukas Erzaldi.

Lebih lanjut Gubernur Erzaldi  juga mengimbau agar PNS dan berbagai kalangan lainnya patuh dalam membayar pajak. Jangan sampai nanti tidak membayar pajak karena peran pajak sangat penting untuk pembanguan.

"Saya merasakan sebagai kepala daerah ketika DAU dan DAK itu kecil, maka kita tidak bisa protes karena apa, masyarakat kita tidak patuh membayar pajaknya. Jadi kita harus berusaha sekuat tenaga pada  semua sektor.  Mari kita khususnya para PNS  untuk segera membayar pajak," imbau Erzaldi.

Sementara Kepala Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung, Ismiransyah  mengakui kurangnya sosialisasi dalam pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan. Untuk itu mereka mengharapkan dukungan penuh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  sebagai contoh patuh dalam pelaporan pajak tahunan. Selain itu tentu saja perlu dukungan dari media massa.

Ismiransyah juga  minta agar masyarat dapat memberikan laporan yang benar, lengkap dan jelas. Konsep pajak itu harus dilaporkan sendiri dan jika itu perusahaan melaporkan harus dengan menggunakan pembukuan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Evani
Editor: 
Irwanto