Gubernur Ingin Berbagi Pengalaman Membangun Babel

Jakarta – Masyarakat Bangka Belitung (Babel) diharapkan berperan aktif dalam proses pembangunan daerah. Peran ini tak hanya dapat dilakukan masyarakat yang berdomisili di Bangka Belitung saja, sebab masyarakat daerah di perantuan juga dapat mengambil peran tersebut.

Berbagai hal dapat dilakukan agar hubungan tali silaturahim dengan masyarakat Bangka Belitung di perantauan tetap terjaga. Salah satunya, menggelar kegiatan halal bihalal dan silaturahmi seperti dilakukan masyarakat perantauan di Jakarta, Gedung Auditorium Manggala Wanabakti, Minggu (24/8/2014).

Sejumlah pejabat menghadiri kegiatan tersebut di antaranya, Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Basuki T Purnama Wakil Gubernur DKI Jakarta (warga Belitung Timur), Didit Srigusjaya Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Emron Pangkapi tokoh masyarakat Babel yang kini berdomisili di Jakarta. Idang Rasjidi, musisi jazz bertaraf internasional pun menyempatkan diri mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan kali ini mengusung tema "Melalui Halal Bihalal Kita Tingkatkan Kebersamaan dan Kepedulian untuk Kemajuan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung". Sebagaimana diketahui, kegiatan ini dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung setiap tahun. Tujuannya sebagai salah satu sarana komunikasi dan silaturahmi.

Apresiasi masyarakat Babel di perantuan cukup tinggi. Selain menjalin tali silaturahim, sejumlah penghargaan diberikan kepada para tokoh asal Bangka Belitung pada kesempatan ini. Tak hanya itu, sejumlah cinderamata juga diberikan kepada para bupati di wilayah Bangka Belitung.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengharapkan agar acara halal bihalal seperti ini terus diadakan setiap tahun. Sebab, selain dapat mempererat jalinan silahturahim, juga dapat saling mengenalkan sesama masyarakat Babel di Jakarta. Momen ini dapat dimanfaatkan masyarakat perantauan untuk memberi saran, kritik bagi pembangunan di Bangka Belitung.

"Kami membuka diri untuk sumbang saran maupun kritik. Kita dapat berbagi pengalaman guna membangun dan memikirkan kesejahteran masyarakat Babel ke depan," kata Gubernur.

Hal senada disampaikan Emron Pangkapi. Ia mengungkapkan rasa bangga terhadap masyarakat asal Bangka Belitung yang telah menggapai sukses di berbagai bidang, baik berskala nasional maupun internasional. Kelebihan atau keunggulan masyarakat Babel harus terjaga dengan baik, karena ini merupakan kebanggaan bagi daerah.

Menyinggung mengenai sektor pertambangan di Bangka Belitung, ia berpesan agar tetap mengikuti aturan. Menambanglah di tempat yang memang diperbolehkan untuk ditambang, dan jangan lupakan tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

“Jaga kelestarian lingkungan demi anak cucu kita di masa datang," tegasnya.

Tampak nuansa khas Bangka Belitung mengisi kemeriahan acara, seperti penampilan tarian sambut dari Sanggar Lawang Budaya, Sungailiat serta kuliner khas Babel. Selain tokoh masyarakat, hadir pula pengusaha kuliner. Ibu Ben, produsen air jeruk kemasan asal Bangka Tengah pun ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan menampilkan kuliner khas Babel.

“Kegiatan ini sekaligus untuk mempromosikan produk minuman jeruk kunci kemasan khas Bangka hingga dapat dipasarkan ke Jakarta dan kota besar lainnya," tuturnya.(nn)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pratiwi
Fotografer: 
Nona Dian Pratiwi
Editor: 
Nona Dian Pratiwi