Gubernur: Junjung Tinggi Sikap Jujur dan Sportif

Beltim – Prestasi perlu! Namun sikap jujur dan sportif mengikuti pertandingan di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprop) IV di Belitung Timur (Beltim) dinilai lebih penting. Sebab atlet yang meraih prestasi terbaik dalam laga ini bakal mewakili Bangka Belitung untuk pertandingan di Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) dan Pekan Olahraga Nasional.

“Tolong junjung tinggi sikap jujur dan sportif. Wasit, pembina maupun panitia harus kompak, jujur dan junjung tinggi sportivitas serta jaga profesional dalam melaksanakan Porprov IV, demi kemajukan olahraga Bangka Belitung,” tegas Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat membuka Porprov IV di Stadion Utama Belitung Timur Pelangi, Kecamatan Damar, Selasa (9/9/2014) malam.

Selain mampu bertarung di tingkat provinsi, atlet yang berprestasi diharapkan mampu bertarung di tingkat nasional, bahkan sampai ke tingkat internasional. Ia mengatakan, perlu semangat dan motivasi besar agar menghasilkan prestasi. Semua atlet yang mewakili kabupaten/kota harus tetap semangat dan berjuang, sehingga menghasilkan prestasi terbaik pada ajang olahraga ini.

"Setiap kontingen jangan hanya mengejar prestise, dan menghalalkan segala cara agar bisa meraih banyak medali. Atlet harus memiliki semangat, motivasi dan mampu berjuang untuk menghasilkan prestasi terbaik," saran Gubernur.

Atlet harus mendapatkan motivasi, sehingga mampu menghasilkan prestasi pada evan olahraga yang digelar empat tahun sekali ini. Tahun ini Porprov IV Kepulauan Bangka Belitung mengusung tema “Kita Tingkatkan Prestasi Olahraga Anak Negeri Serumpun Sebalai Menuju Prestasi Tingkat Nasional, dan Internasional”.

Porprov mempunyai tujuan meningkatkan persatuan dan kesatuan serta kebersamaan. Selain itu, kata Gubernur, ajang ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi atlet agar lebih baik daripada prestasi Porprov sebelumnya.

“Pembukaan kegiatan ini sangat meriah. Masyarakat yang hadir pun begitu ramai, dan udara malam ini begitu sejuk, hingga kita begitu menikmati malam ini," ucap Gubernur.

Peningkatan kualitas dan prestasi atlet menjadi tujuan bersama. Ia menambahkan, Porprov merupakan suatu sistem pembinaan atlet di daerah secara berkelanjutan. Dan ini momentum memperbaiki kualitas dan prestasi atlet menuju Porwil tahun 2015 mendatang. Diharapkan kualitas atlet terus meningkat, dan Porprov IV menjadi tolak ukur keberhasilan daerah membina atlet.

Sebagaimana diketahui Porprov kali ini diikuti 1644 atlet. Sejumlah atlet tersebut akan mengikuti 17 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Prosesi upacara pembukaan diawali penampilan atraksi pencak silat dari Kabupaten Beltim, drumband Bima Sabari Beltim, parade defile kontingan tujuh kabupaten/kota.

Tak hanya itu. Sebab kesempatan ini juga dijadikan momen penandatanganan prasasti Stadiun Utama Beltim Pelangi oleh Gubernur Kepulauan Babel. Sedangkan pembukaan Porprov IV tahun 2014 ditandai pemukulan beduk secara serentak dilakukan Gubernur, Pangdam II Sriwijaya, dan seluruh bupati/walikota se-Babel yang hadir. Selanjutnya dimeriahkan pesta kembang api, penampilan tarian kolosal 1001 melibatkan 1050 pelajar, dan ditutup dengan penampilan grup band Coklat.(rf/*an)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Surianto
Editor: 
Surianto