Gubernur Menanam Pohon pada Kegiatan GNPDAS di Pantai Takari

Rebo , Bangka – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman membuka acara tahunan Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS), Sabtu, 30 November 2019 bertempat di Pantai Takari, Desa Rebo – Bangka.

Sepert diketahui dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2008, tanggal 24 November telah ditetapkan  sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Desember sebagai Bulan Menanam Nasional (BMN).

“Perubahan simbolisasi dari Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia menjadi GNPDAS harus dimaknai sebagai momentum untuk menempatkan betapa penting dan mendesaknya pemulihan DAS sebagai sebuah bentang alam.” Kata Gubernur saat membacakan sambutan  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya.

Kegiatan GNPDAS dilaksanakan bertujuan untuk memulihkan kembali fungsi hidrologis Daerah Aliran Sungai (DAS) agar kembali sehat dan berkontribusi bagi pencegahan bencana. Dengan adanya GNPDAS maka diharapkan ada peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat

Persoalan lahan kritis merupakan persoalan yang super kompleks dan multimensional. Bukan semata persoalan teknis, justru aspek sosial yang sangat menonjol seperti laju kemiskinan dan lapar lahan, sebagian besar lahan kritis dikuasai masyarakat, dan adanya penolakan manakala lahan kritis dihutankan kembali. Sambung Erzaldi.

Sebelumnya dalam sambutannya, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung H. Marwan, S.Ag selaku Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan GNPDAS ini menyampaikan salah satu komitmen masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sejak tahun 2010 adalah melaksanakan gerakan penanaman pohon sebagai suatu gerakan untuk menurunkan emisi gas rumah kaca. Adapun Tema pada tahun ini “PULIHKAN LAHAN, MEMBANGUN MASA DEPAN”.

Lebih lanjut H.Marwan menjabarkan rangkaian Kegiatan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) kali ini adalah :

  1. Tanggal 8 – 10 November 2019 melalui Jambore Relawan Daerah Aliran Sungai dengan fasilitasi Forum DAS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dinas Kehutanan, BPDASHL Baturusa Cerucuk dan Kelompok HKm Pelawan melalui pembentukan relawan sehingga mendukung rehabilitasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
  2. Tanggal 30 November 2019 merupakan Puncak Acara GNPDAS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung didukung oleh HKm Takari untuk melakukan pemeliharaan selanjutnya melalui MOu sehingga bibit yang telah ditanam dapat terpelihara dan bermanfaat bagi masa depan kelompok pada khususnya.
  3. Bulan Januari 2020, Napak Tilas Bukit Sak Buk Kabupaten Bangka.

“Melalui gerakan secara serentak ini diharapkan adanya peran Forum DAS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai promotor yang mampu menggerakkan relawan lingkungan, adanya peran stakeholder lainnya baik instansi BUMN/ BUMD dan instansi pemerintah serta Kelompok Tani Hutan selaku pemegang izin HKm/HD/HTR sehingga pencapaian rehabilitasi sebagai upaya peningkatan tutupan lahan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” tutup H. Marwan dalam sambutannya.

Pada hari ini dilakukan juga penyerahan bibit Gerakan Penanaman Rehabilitasi Hutan dan Lahan sebanyak 8.116 bibit dari Kepala BPDASHL Baturusan Cerucuk secara simbolis kepada Gubernur untuk diberikan secara Cuma-Cuma kepada masyarakat yang hadir dalam acara ini.

Rangkaian Pembukaan Kegiatan GNPDAS 2019 ini ditutup dengan penyerahan plakat penghargaan kepada pemenang Lomba Wana Lestari Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2019 dengan 6 kategori sebagai berikut :

A. Kategori Penyuluh Kehutanan

  1. Juara I                   :  Winardi Togatorop, S.Hut (Penyuluh Kehutanan pada KPHP Rambat Menduyung Kab. Bangka Barat)
  2. Juara II                  :  Ade Irma Sembiring, S.Hut (Penyuluh Kehutanan pada KPHP Sigambir Kotawaringin Kab. Bangka)
  3. Juara III                 : Iman Fajri, A.Ma (Penyuluh Kehutanan pada KPHP Muntai Palas Kab. Bangka Selatan)

B. Kategori Kelompok Tani Hutan

    KTH Panca Indah Lestari, Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kab. Bangka

C. Kategori Kelompok Pecinta Alam

    Forum Pecinta Alam dan Darwis Green Boy, Kelurahan Mantung, Kecamatan Belinyu

D. Kategori Kader Konservasi Alam

    Sastra Winata, Desa Cendil, Kecamatan Kelapa Kampit, Kab. Belitung Timur

E. Kategori Pengelola Hutan Kemasyarakatan (HKm)

  1. Juara I                   : HKm Gempita, Desa Kurau, Kecamatan Koba, Kab. Bangka Tengah
  2. Juara II                  : HKm Tanjung Karang Lestari (Takari), Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat, Kab. Bangka
  3. Juara III                : Kelompok Sadar Wisata Bukit Gebang, Desa Nangka, Kecamatan Air Gegas, Kab. Bangka Selatan

F. Kategori Pengelola Hutan Desa

    Lembaga Pengelola Hutan Desa Petaling, Desa Petaling, Kecamatan Selat Nasik, Kab. Belitung.

 

Turut hadir pada kegiatan ini yaitu unsur Forkopimda, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, Pejabat Pemkab Bangka, Tokoh Masyarakat, Kelompok Masyarakat Sadar Wisata, dan Pelajar.

Sumber: 
Dinas Kehutanan
Penulis: 
Anna Tiffanie
Fotografer: 
Anna Tiffanie (Dinas Kehutanan )