Gubernur Menerima Penghargaan Bidang Pendidikan Keaksaran

Jakarta – Gubernur kepulauan Bangka Belitung rustam effendi bersama 9 bupati/walikota se Indonesia hari ini menerima penghargaan di bidang pendidikan keaksaraan pada puncak  peringatan hari keaksaraan internasional ke 48, Jum’at 11/10 di  Plasa insani Kemendikbud, Jakarta.

Adapun 9 bupati/walikota yang menerima penghargaan diantaranya ;bupati bandung, bupati brebes, bupati probolinggo, bupati sijunjung, bupati padanglawas,bupati malang, bupati sampang, walikota tegal dan bupati pangkajene.

Dalam kesempatan tersebut penghargaan bidang pendidikan keaksaraan juga diberikan untuk kategori penghargaan keaksaraan berbasis pemberdayaan perempuan, kategori penghargaan keaksaraan keakraban sosial (perdamaian), penghargaan keaksaraan kewirausahaan, penghargaan keaksaraan budaya tulis penghargaan aksara kategori berbasis keaksaraan pelestarian adat,kategori keaksara berbasis seni budaya, dan kategori lainnya.

Pada puncak acara hari keaksaraan internasional yang bertemakan keaksaraan abad 21 membangun karakter dan keunggulan bangsa tersebut, juga diisi dengan pertunjukan kesenian tari dan lagu yang ditampilkan oleh anak-anak pendidikan dasar, menengah hingga perguruan tinggi.

Sementara itu usai memberikan penghargaan menteri pendidikan dan kebudayaan, M. Nuh dalam pidatonya sebagaimana yang dibacakan oleh wamen kemendikbud,Wiendu Nuryanti, mengamanatkan sekaligus mengajak semua undangan yang dihadiri oleh penggiat dunia pendidikan tersebut untuk meningkatkan keaksaraan masyarakat.

Adapun dasar yang melandasi pentingnya meningkatkan keaksaraan diantaranya;

Pertama;  pentingnya meningkatkan keaksaraan memungkinkan dan membuka kesempatan yang sangat luas bagi warga negara sebagai individu untuk memanfaatkan dan mengelola sumber daya yang ada.

 “kemampuan keaksaraan membuka kesempatan akses yang sangat luas bagi setiap individu untuk memanfaatkan resources yang ada, ungkap wamen.

Kedua;dipandang penting dalam menumbuhkembangkan multi aksara.

“keaksaraan dipandang penting dalam menumbuhkembangkan multi aksara yang diperlukan untuk terus mencari menguasai dan mengelola informasi pada abad ke 21 ini.

Ketiga; memperkuat identitas budaya.

Sementara itu, Gubernur kepulauan Bangka Belitung, rustam effendi mendukung program bidang pendidikan keaksaraan di Bangka Belitung.  Adapun program bidang pendidikan keaksaraan  yang saat ini digalakan pemerintah daerah baik pemerintah provinsi, kab/kota diantaranya ;

Pertama; mengoptimalkan program kerja sama dengan dunia pendidikan yang ada di daerah.

Kedua, Optimalisasi pendidikan usia dini, hingga ke pelosok-pelosok daerah di Bangka Belitung

Ketiga, menggalakan program wajib belajar 12 sebagai mana menjadi satu prioritas pembangunan daerah.

Keempat, menggalakan taman baca masyarakat.(sm/mc)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Stevani