Gubernur : Peningkatan Kompetensi Angkatan Kerja Usia Produktif Menjadi Prioritas

PANGKALPINANG –  Upaya meningkatkan penyerapan angkatan kerja usia produktif di daerah terus dilakukan oleh pemerintah daerah.  Satu upaya yang dilakukan adalah melalui peningkatan kompetensi SDM.

Langkah-langkah peningkatan kompetensi SDM seperti melalui kegiatan pelatihan, pendidikan dan program magang merupakan beberapa upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya dalam meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

Hal tersebut disampaikan gubernur kep. Bangka Belitung Rustam Effendi hari ini senin, 17/02 saat membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan keterampilan kejuruan autocad, otomotif sepeda motor, las listrik dan instalasi listrik bagi masyarakat yang diselenggarakan oleh oleh UPT Balai Latihan Kerja Indonesia (BLKI) dibawah naungan Dinas tenaga kerja dan transmigrasi pemerintah provinsi kep. Bangka Belitung.

“ Saat ini pemerintah daerah tengah mendorong pembangunan ekonomi di daerah, salah satunya melalui peningkatan investasi, tentunya untuk menjalankan usahanya perusahaan perusaha tersebut membutuhkan tenaga kerja yang berkompeten, nah bapak/ibu sekalian kondisi atau peluang  inilah yang saya harapkan dapat ditangkap dalam upaya kita/pemda mengatasi persoalan minimnya penyerapan tenaga kerja karna keterbatasan kompetensi angkatan kerja yang ada di daerah dan saya harapkan melalui bentuk pelatihan dan kegiatan seperti ini satu solusinya diantara solusi yang lain tentunya, ungkap gubernur.

Lebih jauh, gubernur berharap agar pelaksanaan kegiatan berkenaan dengan upaya peningkatan kompetensi angkatan kerja usia produktif memprioritaskan  pada angkatan usia kerja yang memiliki keterbatasan secara pendidikan.

Selain itu, gubernur juga mengungkapkan melalui kegiatan pelatihan dan pembekalan yang diselenggarakan oleh pemerintah tujuannya agar angkatan kerja usia produktif yang tidak terserap disektor formal memiliki keterampilan untuk membuka usaha secara mandiri.

“bapak/ ibu sekalian kita ketahui bahwa ketersediaan lapangan kerja saat ini tidak sebanding dengan jumlah angkatan kerja,  kondisi dimana terbatasnya penyerapan angkatan kerja di sektor formal baik  karna tidak terpenuhinya kualifikasi maupun karna minimnya kuota yang dibutuhkan oleh perusahaan di sektor formal, tentunya ini menjadi persoalan tersendiri dan butuh dicarikan solusinya, salah satunya dengan kegiatan pembekalan seperti ini saya harapkan mampu melahirkan tenaga kerja yang sesuai kebutuhan perusahaan di daerah maupun sebagai bekal dalam upaya  menciptakan peluang usaha di sektor informal atau kewirausaha, ungkap gubernur.

Selain meningkatkan kompetensi SDM, upaya membangun komunikasi dan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang berinvestasi di daerah dalam rangka menyalurkan tenaga kerja yang terlatih juga dilakukan oleh pemerintah daerah, demikian diungkapkan oleh kepala dinas tenaga kerja dan transmigrasi pemerintah provinsi kep. Bangka Belitung, Sugianto.

Adapun bentuk kegiatan pendidikan dan pelatihan keterampilan yang diselenggarakan diantaranya mencakup empat paket kejuruan yakni; pelatihan kejuruan las listrik, kejuruan otomotif sepeda motor, kejuruan instalasi listrik penerangan dan kejuruan konstruksi subkejuruan autocad. adapun peserta pelatihan diikuti oleh 56 perserta dari masyarakat umum.(eff/sm/mc)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Imelda Ginting