Gubernur Perankan Korbinwas

Pangkalpinang – Open Government diharapkan dapat diimplementasikan oleh Gubernur dalam percepatan pembangunan di daerah. Peran Gubernur tidak hanya melakukan koordinasi, tapi pembinaan dan pengawasan terhadap seluruh program dan kegiatan didaerah juga masuk didalamnya.
 
“Gubernur sebagai penyelenggara Desentralisasi dan wakil pemerintah pusat didaerah harus sinergis, meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan didaerah”, ungkap Halomoan Pakpahan, Narasumber dari Kementerian Dalam Negeri saat Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan Umum dalam rangka Pengendalian Perekonomian Masyarakat di Ruang Pertemuan Resto Pagi Sore, Kamis (17/9/2015).
 
Menurut Halomoan, Gubernur juga harus melakukan monitoring, evaluasi, supervisi, dan memberdayakan serta memfasilitasi Kabupaten/Kota. Selain itu mengevaluasi rancangan Perda, tentang RPJPD, RPJMD, APBD, Perubahan APBD, Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD, Tata Ruang Daerah, Pajak Daerah, dan Retribusi Daerah.
 
“Juga pengawasan terhadap Perda Kabupaten/Kota dan melaksanakan tugas lain sesuai perundang-undangan," katanya.
 
Lebih jauh Halomoan mengatakan Gubernur sebagai Kepala Daerah juga sebagai wakil pemerintah pusat melaksanakan tugas atributif dan delegatif, dan sebagai pelaksana urusan pemerintahan umum.
 
“Menjaga kehidupan berbangsa dan bernegara serta keutuhan NKRI, menjaga dan mengamalkan ideologi pancasila dan membangun kehidupan demokrasi, serta menjaga etika dan norma penyelenggaraan pemerintahan," paparnya.
 
Lebih jauh diungkapkan Halomoan bahwa Gubernur juga memiliki wewenang untuk membatalkan Perda Kabupaten/Kota, Peraturan Bupati/Walikota. Selain itu Gubernur juga dapat memberikan penghargaan atau sanksi kepada Bupati/Walikota, Gubernur juga harus menyelesaikan perselisihan antar Kabupaten/Kota dalam satu Provinsi.
 
“Memberikan persetujuan rancangan Perda tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah”, jelasnya.
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Fajrina Andini | Suci Lestari
Fotografer: 
Suci Lestari