Gubernur: Perlu Integrasi Program Pembangunan

SUNGAILIAT – Program pembangunan harus terintegrasi antara pemerintah pusat hingga ke tingkat daerah. Untuk itu, dalam penyusunan rencana kerja pembangunan harus melibatkan pemerintah kabupaten/kota, sehingga terjadi sinergi dengan pembangunan yang dilakukan di tingkat pusat.

Demikian disampaikan Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat membuka Rapat Kerja Kepala Bappeda se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Ruang Pertemuan Hotel Tanjung Pesona, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Rabu malam (29/10/2014). “Rencana pembangunan hendaknya dapat mengatasi permasalahan di Bangka Belitung. Rumuskan hal-hal terbaik bagi bangsa dan negara,” tegasnya.

Rapat kerja kepala Bappeda kali ini mengusung tema “Mengoptimalkan Peran Bappeda dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat yang Mandiri dan Berkeadilan”. Kegiatan ini bertujuan mensinergikan kebijakan pembangunan tingkat provinsi, kabupaten/kota se Bangka Belitung. Sehingga pembangunan tersebut berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal senada disampaikan Tarmizi Saat Bupati Bangka. Ia menjelaskan, perlu ada hubungan harmonis antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam merencanakan pembangunan di daerah. Sebab perencanaan merupakan salah langkah untuk menentukan kebijakan. Selain itu, rencana pembangunan sangat perlu memperhatikan dan mempertimbangkan faktor ke wilayahan, sehingga pembangunan dapat dilakukan secara merata.

“Kemitraan seperti ini perlu ditingkatkan lagi hingga waktu yang akan datang. Setiap pembangunan sektoral dilakukan dengan kerangka yang baik, dan itu merupakan salah satu upaya guna meningkatan daya saing daerah hingga ke tingkat asia,” ungkapnya.

Daya saing Bangka Belitung masih belum memuaskan. Tarmizi mengatakan, adapun beberapa faktor peningkatan daya saing yakni, stabilitas ekonomi, keuangan, bisnis dan kualitas kerja. Oleh sebab itu, perencanaan pembangunan harus melihat jauh ke depan. Pasalnya masih banyak yang harus dilakukan untuk membangun daerah, dan tentunya banyak pula tantangannya.

“Kita harus banyak belajar, sehingga mampu menghadapi segala tantangan dalam merencanakan dan melakukan pembangunan daerah,” jelasnya.

Sementara Yan Megawandi Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, tujuan kegiatan rapat kerja merupakan upaya membina hubungan baik dengan pemerintah daerah se Bangka Belitung. Sehingga berdampak terhadap terjadinya peningkatan pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam hal ketahanan pangan.

“Sebanyak 70 orang akan membahas mengenai perencanaan pembangunan. Diharapkan kegiatan ini memberikan manfaat bagi pembangunan di Bangka Belitung,” ungkapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Adi Tri Saputra | Huzari
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari