Gubernur Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Pangkalpinang - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Gubernur Air Itam Pangkalpinang, Kamis (1/10).
 
Upacara digelar pada pukul 08.20 WIB. Dalam upacara ini bertindak sebagai pembaca ikrar adalah Amri Cahyadi Wakil Ketua DPRD Babel, sedangkan komandan upacara Mayor Inf Muh Sahudi Danramil Mentok.
 
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada tahun ini akan mengambil tema "Kerja Keras dan Gotong Royong Melaksanakan Pancasila". 
 
"Momentum peringatan ini, dapat dijadikan sebagai kilas balik untuk lebih memahami dan mengerti makna Pancasila. Karena Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia," kata Rustam Effendi setelah selesai upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Kamis (1/10/15).
 
Lebih jauh Rustam mengatakan peringatan ini merupakan kilas balik terhadap falsafah hidup bangsa Indonesia. Pancasila ini sangat lengkap, karena terdapat lima sila yang menjadi pedoman bagi bangsa Indonesia.
 
"Pancasila sebagai idoelogi bangsa harus tetap dipertahankan oleh kita semua," jelasnya.
 
Sementara Amri Cahyadi mengatakan bahwa mari bulatkan tekad untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk menegakan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
"Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi nilai-nilai luhur ideologi pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI," jelasnya.
 
Upacara ini berjalan hikmad dan lancar. Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dihadiri Pejabat Esselon II dan III di lingkungan Pemprov Babel. Sedangkan untuk peserta upacaranya adalah dari TNI, KORPRI, Satpol PP, Satpam, Mahasiswa, dan kalangan pelajar.
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Surianto