Gubernur Pimpin Upacara HUT KORPRI

Pangkalpinang - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi memimpin upacara Peringatan HUT ke 44 KORPRI di Halaman Kantor Gubernur Air Itam Pangkalpinang, Senin (30/11/2015).
 
Upacara ini digelar pada pukul 08.05 WIB dengan dihadiri seluruh pegawai di lingkungan Pemprov Kep Babel. 
 
Dalam upacara peringatan HUT ke 44 Korpri, Gubernur menyampaikan lima amanat Presiden RI, Joko Widodo selaku Penasehat Nasional Korpri.  Kelima amanat tersebut diantaranya, melakukan percepatan reformasi birokrasi di semua tingkatan, membangun mentalitas baru yang positif, yang berintegritas dan memiliki etos kerja, dan yang berjiwa gotong royong.
 
Lakukan percepatan reformasi birokrasi di semua tingkatan. Berbagai upaya perbaikan harus terus dilakukan dari hulu sampai hilir, baik pada area perubahan mental aparatur, kelembagaan, ketatalaksanaan, SDM aparatur, akuntabilitas, pengawasan, peraturan perundang-undangan, maupun area perubahan pelayanan publik.
 
"Lakukan reformasi birokrasi tanpa basa-basi. Rakyat ingin segera melihat terwujudnya birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien, birokrasi yang melayani bukan dilayani, serta birokrasi yang memberikan pelayanan publik yang berkualitas," tegasnya.
 
Lebih jauh, ia mengatakan bahwa dengan Integritas, kita kembalikan jati diri KORPRI sebagai abdi negara yang terpercaya. Dengan Etos Kerja, kita tegaskan kembali KORPRI sebagai abdi masyarakat dan pelayan rakyat yang tangguh. Serta dengan Gotong Royong, kita tegakkan kembali eksistensi KORPRI sebagai motor penggerak pembangunan nasional.
 
"Bongkar pola pikir revolusi mental sebagai mentalitas-mentalitas lama yang negatif. Jadikan program atau gerakan bersama seluruh anggota KORPRI, bukan sebatas proyek yang digerakkan oleh anggaran," ujar Rustam saat membacakan sambutannya.
 
Mempersiapkan diri menuju birokrasi yang dinamis, inovatif dan responsif terhadap perkembangan zaman. Birokrasi harus adaptif dan inovatif dengan tantangan-tantangan baru. Pelayanan publik harus bisa dilakukan dengan lebih efisien dan kompetitif. Untuk itu, saya meminta agar mekanisme kerja birokrasi juga harus berubah ke arah sistem pemerintahan elektronik atau E Government, mulai dari budgeting, procurement, audit, catalog, purchasing, cash flow management system dan banyak lagi yang lain.
 
Terkait pemilukada, Saya tekankan untuk menjaga netralitas anggota KORPRI dalam pesta demokrasi, khususnya Pemilu Kepala Daerah yang akan digelar akhir tahun ini. "Anggota KORPRI harus fokus pada tugas dan fungsinya, sehingga dapat memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat tanpa ada diskriminasi pada siapapun juga," lanjutnya.
 
Selain itu, ia juga mengharapkan dukungan penuh dari jajaran anggota Korpri untuk mengakselerasi peningkatan daya saing bangsa, sehingga dapat berkompetisi di era kompetisi regional dan global.
“Semua aparatur birokrasi harus menjadi motor penggerak produktivitas nasional dan daya saing bangsa,” tegasnya.
 
Pada upacara Peringatan Hari HUT Korpri ini diserahkan juga Penghargaan Satyalencana Karya Satya kepada sembilan PNS di lingkungan Pemprov Babel atas pengabdiannya. Kesembilan PNS tersebut antara lain Drs Masdarsono, MM, Jamilah, SE, Gusti GM Harahap, Zulkarnain, ST, Agus Salim, SE, Herwanita, SH, Gunawan Marwanto, S.Pd, Pri Fitri N, SH dan Mala Rantina, SE.
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra