Gubernur Rapat Terbatas Dengan Bupati Belitung Bahas Proyek Strategis Nasional Di Belitung

TANJUNGPANDAN - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, hari Jum' at (2/6/2017) mengadakan pertemuan dan rapat koordinasi dengan Bupati Belitung Sahani Saleh dalam rangka percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional untuk wilayah Kabupaten Belitung yang dilaksanakan di ruang rapat Kantor Bupati Belitung di Tanjungpandan.

Rapat tersebut turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Abdul Fatah, Wakil Bupati Belitung  Erwandi A. Rani dan jajaran OPD Pemerintah Provinsi dan Pemkab Belitung, Kepala Bandara H.A.S Hanandjoedin Belitung Anita Wardhana serta Kepala Badan Pengelola KEK Tanjung Kelayang Adek Zulianwar.

Adapun hal utama pembahasan diantaranya terkait pengembangan kawasan ekonomi khusus zona pariwisata di Pulau Belitung, pengembangan bandara H.A.S Hanandjoedin belitung, infrastruktur jalan serta penyediaan pelayanan air bersih.

"Kami hadir ke sini dalam rangka persiapan bahan-bahan untuk rapat terbatas tersebut khususnya perkembangan KEK dan beberapa program strategis nasional yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat," tegas Gubernur.

Dalam rapat tersebut Gubernur mengungkapkan bahwa hasil pembahasan mengenai tantangan dalam pelaksaan proyek strategi untuk Bangka Belitung akan di bawa dalam pelaksanaan rapat terbatas antara Presiden dengan Gubernur pada bulan Juni  2017 ini.

Sebagaimana kita ketahui bahwa KEK berjalan sudah sedemikian rupa dan harus kita laporkan kepada pemerintah pusat karena ada beberapa dukungan proyek strategis nasional terhadap perkembangan KEK ini, kalo misalnya kita tidak pernah berkoordinasi dengan pemerintah pusat maka ada beberapa PSN bisa ditarik dan itu kan kan amat disayangkan," tegas Gubernur.

Erzaldi pun menjelaskan strategi agar terealisasinya PSN KEK zona pariwisata khususnya di Kepulauan Bangka Belitung, selain itu juga dibutuhkan adanya kerjasama semua pihak dari pemerintah daerah mulai tingkat Provinsi hingga Kabupaten.

“Bapak Ibu saya jelaskan bahwa kita harus menunjukkan prestasi agar tidak tereliminasi PSN untuk wilayah Bangka Belitung. dan perlu diketahui pemerintah pusat melakukan evaluasi setiap enam bulan sehingga dibutuhkan gerak cepat,” ungkap Erzaldi.

Terkait dengan KEK zona pariwisata di Pulau Belitung yang masuk dalam PSN diungkapkan Bupati Sahani Saleh mencakup koridor mulai dari Tanjungpendam hingga Batu Berdiri di Sijuk. Lebih jauh Sahani juga menjelaskan hal menyangkut lahan dan administrator perizinan merupakan tantangan dalam pelaksanaan proyek nasional terkait pengembangan KEK zona pariwisata serta pengembangan bandara.

Dalam rapat tersebut Gubernur juga menyampaikan dibutuhkan adanya kerja sama semua pihak baik pemda tingkat Provinsi hingga Kabupaten dalam rangka membangun daerah.

Erzaldi juga menegaskan beberapa rencana aksi untuk meningkatkan pariwisata di Kepulauan Bangka Belitung diantaranya pertama setiap Kabupaten/Kota wajib mengembangkan destinasi wisata baru, kedua terkait pengelolaan destinasi wisata yang sudah ada, ketiga agar mensinkronisasikan pengembangan fasilitas umum. (stevani/k5)

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani/Khalimo
Fotografer: 
Khalimo