Gubernur Resmi Tutup Porwil IX Sumatera 

Pangkalpinang - Perhelatan Pekan Olah­raga Wilayah IX Sumatera tahun 2015 di Babel resmi ditutup, oleh Gubernur Kep Babel Rustam Effendi, di Stadion Depati Amir Pangkalpinang, Sabtu malam (21/11/15). 

Penutupan Porwil IX Sumatera ditandai dengan bunyi sirine dan pemadaman api Porwil IX se Sumatera. Penutupan ini berlangsung meriah dengan dihiasi permainan cahaya laser dan kelap-kelipnya cahaya lampu. 

Gubernur Bangka Belitung Rustam Effendi dalam sambutanya mengucapkan terima kasih atas pencapaian para atlet yang telah berjuang secara maksimal pada Porwil IX se Sumatera. 

"Sebagaimana saya sampaikan saat pembukaan, ajang ini selain untuk mengikuti PON juga merupakan ajang silaturahim dan keakrabatan atlet dan pengurus koni se Sumatera," jelas Rustam. 

Pada Porwil IX Sumatera ini, Provinsi Riau berhasil memperoleh juara umum dengan 41 medali emas, 33 medali perak dan 21 medali perak. Sedangkan Babel berhasil menduduki posisi ke 5 dengan 18 medali emas, 19 medali perak dan 21 medali peripunggu. Untuk itu Saya selaku Gubernur mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih pada Porwil yang baru saja kita laksanakan. 

"Porwil merupakan ajang untuk mencari bibit dan atlet berpretasi untuk even-even kedepan nanti. Dan kepada atlet yang telah berhasil juara, semoga prestasi yang diraih dapat dipertahankan dan dikembangkan untuk even lebih tinggi," tambanya. 

Pada kesmpatan itu, Gubernur juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan selama pelaksanaan Porwil IX Sumatera. 

“Kami sadar masih banyak kekurangan yang dirasakan dalam pelaksanaan Porwil ini. Karenanya saya mohon maaf atas segala kekurangan. Porwil ini tetap akan menjadi kebanggaan kami sebagai tuan rumah. Kepada semua kontingen saya ucapkan selamat jalan, dan sampai berjumpa di Porwil X Sumatera empat tahun lagi," ucap Rustam. 

Sebagaimana diketahui, pada Porwil IX ini tim basket dan sepak bola Babel berhasil meraih medali dan lolos untuk mengikuti PON tahun 2016 di Jabar. Selain itu, Babel juga menjadi juara umum pada cabang atletik dan panjat tebing. 

Dari pantauan babelprov.go,id, malam penutupan sendiri berlangsung meriah. Penutupan diawali dengan penampilan tarian kolosal dari 700 siswa sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan drumband yang diikuti dengan parade defile atlet percabang olahraga. Parade defile ini dimulai dengan cabang atletik yang menjadi andalan Babel dan diakhir defile cabang sepakbola.

Setelah parade defile, acara dilanjutkan laporan Ketua Harian PB Porwil, sambutan Gubernur Kep Babel yang diikuti penekan tombol sirine dan penurunan bendera Porwil. Setelah itu dilanjutan dengan penanpilan rampak bedug Brimob Polda Babel dan diakhiri dengan pesta kembang api serta hiburan musik yang membuat semakin meriahnya acara penutupan ini. 

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto