Gubernur : Safari Jum'at Bentuk Silaturahmi Pemerintah

Petaling - Safari Jum'at merupakan salah satu bentuk silaturahmi pemerintah babel langsung ke masyarakat yang bertujuan tidak hanya untuk melihat langsung kondisi masyarakat babel melainkan juga sebagai bentuk penyampaian informasi mengenai kondisi perkembangan ekonomi baik nasional maupun ekonomi daerah ungkap Gubernur Rustam Effendy usai melaksanakan shalat jum'at berjamaah dengan masyarakat desa Petaling Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka di masjid Al Istiqomah, Jumat (13/11/2015).

Selain itu rustam menambahkan bahwa saat ini pemerintah sedang giat untuk meningkatkan ekonomi babel tidak hanya disektor pertambangan saja melainkan disektor kebudayaan, pariwisata, pertanian, perikanan kelautan  dan perkebunan.

" Saat  ini kita sedang berupaya mengembangkan sektor-sektor lain seperti kebudayaan, pariwisata, pertanian, perikanan dan perkebunan karena kita tidak bisa untuk terus mengandalkan timah saja dalam meningkatkan perekonomian babel, karena lambat laun timah kita akan habis" ujar Gubernur.

Oleh karena itu Gubernur menambahkan dibutuhkan sinergitas antara pemerintah dan masyarakat dalam upaya membantu pemerintah dalam meningkatkan sektor-sektor yang sedang dilakukan oleh pemerintah saat ini.

" Saya mengharapkan masyarakat bisa saling bahu membahu dalam membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan perekonomian babel saat ini dan bisa tetap menjaga kondisi yang kondusif seperti sekarang ini" ujar Gubernur.

Gubernur juga mengatakan bahwa kondisi ekonomi yang terjadi di babel saat ini memang kurang baik, namun kondisi ini tidak hanya terjadi di babel saja melainkan juga ditingkat nasional.

Menyinggung masalah bantuan pemerintah untuk membantu masyarakat petaling dalam membangun masjid Al Istiqomah, Gubernur mengatakan akan sebisa mungkin untuk membantu dan meringankan beban masyarakat petaling dalam  pembangunan masjid.

" Tahun lalu kita sudah pernah memberikan bantuan sebesar 2,25 Miliar untuk merenovasi dalam pembangunan masjid Al Istiqomah ini, namun untuk tahun ini kita akan upaya kan kembali dan kita perlu proposal baru yang harus diajukan ke pemerintah" ungkap Gubernur.

Tidak hanya itu gubernur menambahkan bantuan yang berikan harus menunggu dana ABT dan tidak bisa kita berikan langsung karena harus melalui posedur yang telah ditentukan, meskipun begitu akan kita upayakan untuk tetap bisa membantu pembangunan masjid ini ungkap Gubernur.

Dalam kesempatan yang sama, Yulizar ketua pembangunan masjid Al Istiqomah mengatakan bahwa masjid Al Istiqomah ini akan dijadikan masjid besar didesa petaling, oleh karena itu direncanakan masjid ini akan dibangun dua lantai.

" Jamaah masjid Al Istiqomah ini mencapai 7000 jamaah, oleh karena itu kami berencana untuk menjadikan masjid ini menjadi dua lantai dan kami mengharapkan bantuan dari pihak pemerintah untuk bisa membantu pembangunan masjid Al Istiqomah ini" katanya.

Tidak hanya itu, yulizar juga menambahkan bahwa bantuan pemerintah tidak hanya sebatas meningkatkan kesejahteraan masyarakat saja melainkan pemerintah juga memiliki kewajiban dalam meningkatkan  sarana prasana ibadah  salah satunya yakni membantu dalam membangun masjid.

Selain itu Yulizar mengatakan juga kunjungan seperti ini sangat bermanfaat, selain silaturahmi, gubernur juga bisa langsung berjabat tangan dengan masyarakat, melihat langsung kondisi masyarakat dan melaksanakan dialog secara langsung dengan masyarakat.

" Saya rasa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat, Gubernur bisa langsung melihat kondisi masyarakat dan bisa melaksanakan dialog secara langsung dengan masyarakat, dan tidak hanya sebatas datang, pemerintah juga bisa memberikan solusi rill dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat" ungkapnnya.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
M Chandra
Fotografer: 
Karina