Gubernur: SDM Kunci Keberhasilan Pembangunan

Pangkalpinang – Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengingatkan pembangunan karakter menjadi fokus bangsa. Karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada sumber daya manusia berkualitas. Salah satu cara membentuk karakter tersebut melalui lembaga pendidikan nonformal gerakan Pramuka.

“Pendidikan formal di sekolah tidak cukup untuk menghasilkan kaum muda yang handal dan berkarakter. Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan nonformal akan melengkapi pendidikan informal,” tegas Gubernur saat upacara peringatan HUT ke 55 Pramuka di Alun-Alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, Selasa (30/8/2016).

Selain menggelar upacara peringatan HUT Pramuka, juga dilakukan pemberian penghargaan Lencana Darma Bakti dan penghargaan Gerakan Pramuka Lencana Pancawarsa. Tak hanya itu, sebab terdapat kegiatan pemberian penghargaan khusus Kwarcab Kota Pangkalpinang kepada instansi dan masyarakat peduli Pramuka.

Kegiatan pramuka dapat menjadi perekat bangsa. Ia menambahkan, ini berdasarkan nilai-nilai yang terkandung dalam Tri Satya. Pembangunan sumber daya manusia harus sejalan dengan pembangunan fisik, untuk itu harus ada kerja sama merapatkan barisan, bersinergis mewujudkan kaum muda yang berkepribadian baik.

“Wujudkan kaum muda berkarakter, berwatak dan handal dalam berpikir serta memiliki jiwa bela negara. Itu sangat penting," kata Gubernur.

Dessy Ayu Trisna, Ketua Kwarcab Kota Pangkalpinang merasa bangga menjadi bagian gerakan Pramuka. Pasalnya gerakan Pramuka lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan berkehidupan bangsa. Namun manusia menjadi faktor penentu paling utama. Sejak dahulu Pramuka sudah ada dan dapat mengikuti perkembangan zaman serta kemajuan teknologi.

“Pramuka bisa membuat kaum muda berkarakter baik, bertanggung jawab, berkepribadian luhur serta mempunyai budi pekerti baik. Pramuka juga membuat kaum muda cerdas menguasai ilmu pengetahunan. Sehingga kaum muda mampu menghadapi berbagai persoalan di negeri ini dan siap menerima tongkat estafet kepemimpinan,” jelasnya. 

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra