Gubernur Serahkan DIPA dan Dana Tranfer Daerah TA 2019

Pangkalpinang – Dalam rangka persiapan memasuki tahun anggaran 2019, hari ini dilaksanakan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Petikan dan Anggaran Dana Transfer Daerah.  Penyerahan secara simbolis  dilakukan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung kepada pimpinan  lembaga/kementerian /instansi vertikal di wilayah Prov. Kep. Bangka Belitung,  pimpinan pemerintah daerah bupati/walikota se-Prov.  Kep. Bangka Belitung penerima anggaran dana transfer daerah.

Turut  hadir pada acara siang itu, Wakil Gubernur Kep. Babel, Abdul Fatah, unsur Pimpinan FORKOMPINDA Tingkat Prov. Kep. Bangka Belitung, Bupati/Walikota, jajaran pimpinan satker kementerian/lembaga di wilayah  Kep. Babel serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov selaku penerima DIPA.

Sebelum dilaksanakan penyerahan DIPA, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kep. Babel, Supendi memaparkan  total pembiayaan APBN tahun 2019 untuk DIPA Kementerian/lembaga dan dana transfer daerah. Diungkapkan Supendi untuk tahun 2019 total alokasi APBN untuk dana transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp.7,2 Triliun. Dan total untuk alokasi APBN untuk dana dekonsentrasi sebesar Rp 80.3 Miliar.  Ditambahkan Supendi untuk penerima DIPA tahun anggaran 2019 sebanyak 193 satuan kerja dan 183 Dipa petikan. 

“ Total alokasi APBN tahun 2019 untuk belanja kementerian/lembaga sebesar Rp 2.5 Triliun dengan rincian untuk jenis belanja dana dekonsentrasi sebesar Rp 80,3 Miliar, belanja kantor daerah sebesar Rp  1.994,0 Miliar; alokasi anggaran untuk belanja tugas pembantuan sebesar Rp 73,4 Miliar serta anggaran kantor pusat Rp 346,5 Miliar sedangkan total alokasi APBN untuk dana transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp 7.2 Triliun.

Selain penjabaran anggaran belanja untuk tahun 2019, dalam kesempatan tersebut juga dipaparkan total persentase realisasi belanja kementerian/lembaga dan dana transfer serta dana desa hingga per 30 November 2018.  Diungkapkan Supendi bahwa untuk total realisasi belanja kementerian/lembaga tercatat sebesar 78,3 persen dengan realisasi penyerapan sebesar Rp 2.236 ,7 Triliun  dari total pagu anggaran Rp 2.857,5 Triliun dengan rincian jenis belanja mencakup pembiayaan untuk belanja modal, belanja barang, belanja bantuan sosial dan belanja pegawai. 

Sedangkan untuk total persentase realisasi APBN tahun 2018 untuk anggaran transfer ke daerah per 30 November 2018 tercatat sebesar 95 % dengan rincian realisasi penyerapan sebesar Rp. 6.453.000.000.000 ( Enam triliun empat ratus lima puluh tiga miliar rupiah) dari total pagu Rp 6.791.200.000.000 ( Enam triliun tujuh ratus sembilan puluh satu miliar dua ratus juta rupiah). Adapun pengunaan alokasi dana transfer terbagi dalam beberapa jenis belanja diantaranya peruntukan untuk dana bagi hasil, dana alokasi umum (DAU);  Jenis belanja dana alokasi khusus non fisik, belanja dana alokasi khusus fisik, dana insentif daerah dan dana desa.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kep. Babel Erzaldi Rosman menyampaikan pesan kepada para pimpinan daerah tingkat kabupaten yang menerima bantuan dana transfer daerah untuk pembiayaan dana desa agar dalam penggunaan anggaran  dana desa lebih difokuskan pada program-program prioritas untuk peningkatan kesejahteraan dan pembangunan masyarakat desa.

“ Tahun anggaran 2018 akan segera berakhir tapi tentunya kita harus terus melakukan evaluasi dan peninjuan kembali untuk pelaksanaan dari pengunaan anggaran tahun 2018 ini, khususnya terkait prioritas dan kualitas belanja pemerintah sepanjang tahun angaran 2018, dan perlu saya sampaikan pada kesempatan ini bahwa untuk tahun 2019  ke depan, mengingatkan besarnya alokasi dana desa ini maka saya harapkan para bupati/walikota agar mengoptimalkan penggunaan dana desa dan meningkatkan alokasi dana desa dari tahun sebelumnya, kalo dana desa ini bisa dikelola secara optimal saya percaya pembangunan di daerah Babel akan terlihat mengingat besarnya alokasi dana desa yang dianggarkan pemerintah pusat ke daerah,” ungkap Gubernur

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Fitra