Gubernur Serukan Pariwisata Belitung Segera Pulih

SIJUK - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman optimis sektor pariwisata Belitung akan maju dan berkembang di tengah pandemi. Syaratnya, jika didukung sinergitas antar seluruh stakeholder.

Itu diungkap Gubernur Erzaldi saat menghadiri diseminasi Laporan Perekonomian Provinsi (LPP) bertajuk Babel Economic Forum yang mengangkat tema "Optimisme Pariwisata Belitung di Tengah Pandemi", di Sheraton Hotel Belitung, Senin (15/03/2021). 

"Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel berkomitmen tinggi dalam membangun kepariwisataan melalui strategi-strategi dan sinergitas guna mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi," ungkap Bang ER, sapaan akrabnya.

Keberadaan pariwisata tidak dapat dipungkiri secara konkret dan nyata telah memberi dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Transformasi dari sektor tambang ke pariwisata tak perlu diragukan lagi keberhasilannya. 

"Telah dibuktikan oleh Kabupaten Belitung bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) Belitung berkembang dengan pesat dengan sumbangan besar dari sektor pariwisata," jelasnya.

Gubernur Erzaldi juga menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia (BI) Babel yang terus mengadakan forum ini secara konsisten. Ia berkeyakinan forum ini sangat bermanfaat bagi semua sektor di Babel. 

"Data-data inilah yang harus didiskusikan bersama sebagai dasar pengambilan kebijakan untuk kemajuan pariwisata Belitung," tegasnya. 

Pasalnya forum ini juga dihadiri oleh Deputi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf RI), bupati atau wakil bupati dari beberapa Kabupaten di Babel juga mengikuti secara langsung maupun virtual, dan pelaku usaha pariwisata hadir untuk bersinergi. 

Kehadiran Deputi-Deputi dari Kemenparekraf RI merupakan dukungan bagi pertumbuhan pariwisata Babel, khususnya Belitung yang memang mendapat catatan khusus dari Menteri Sandi usai kunjungannya bulan lalu ke Pulau Belitung. 

"Opportunity itu ada, kesempatan ada, peluang ada, tapi bagaimana kita bisa membaca peluang tersebut agar data hasil dari survey oleh BI dan BPS ini dapat di-create. Ingat, bonus demografi Belitung sudah menjadi daya tarik yang luar biasa," ingat Bang ER.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BI Babel, Tantan Heroika menyampaikan perkembangan ekonomi Babel cenderung lebih baik dibanding daerah lainnya. Dia juga menyampaikan perkembangan pariwisata dalam semangat membangun optimisme pariwisata Belitung di tengah pandemi Covid-19.

Tentunya setiap pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, atau bahkan di negara luar sekalipun pasti memiliki strategi bagaimana pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. 

"Seluruh negara-negara terus berjuang memperbaiki ekonomi setelah terdampak pandemi. Permasalahan utamanya adalah bagaimana kita mengendalikannya," ungkapnya.

Selain pariwisata, perlu terus didorong sektor keuangan lainnya melalui program pemerintah, seperti pertanian, perkebunan, usaha kecil dan menengah (UMKM).

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dp
Fotografer: 
Saktio
Editor: 
Budi