Gubernur Tegaskan Lima Fokus Pilkada

Pangkalpinang – Lima fokus perhatian Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dalam pelaksanaan pilkada. Sebab tahun ini empat kabupaten bakal menggelar pilkada secara serentak yakni, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan, Bangka Barat dan Kabupaten Belitung Timur.

Beberapa fokus dan jaminan pelaksanaan pilkada, tegas Gubernur, pertama mengenai penyelenggara harus profesional dengan memberi jaminan integritas penyelenggaraan, jaminan netralitas, jaminan profesionalitas dan kesesuaian jadwal tahapan pelaksanaan.

“Fokus pilkada kedua, mengenai pengawasan pencegahan potensi pelanggaran berupa, menentukan titik rawan pilkada, peka terhadap isu dan respon terhadap aduan masyarakat,” harap Gubernur saat Rapat Penyamaan Persepsi Terhadap Proses Pelaksanaan Pilkada Serentak, di ruang rapat Tanjung Pendam, Kantor Gubernur, Jumat (24/4/2015).

Lebih jauh ia menjelaskan fokus pilkada ketiga. Fokus yang satu ini memberi jaminan keterbukaan informasi meliputi sosialisasi terkait keterbukaan informasi, mengutamakan mediasi menangani sengketa informasi. Sedangkan fokus keempat, mengenai pelayanan publik dengan prinsip good governance berupa sosialisasi pelayanan publik.

Menyinggung mengenai pelayanan publik, Gubernur mengatakan, harus mengutamakan mediasi dan konsolidasi. Fokus kelima, menjamin masyarakat memperoleh informasi yang adil, merata dan berimbang. Langkah ini dapat ditempuh dengan berperan aktif menyaring informasi.

“Masyarakat harus mendapatkan informasi benar adil dan berimbang. Selain itu dapat memastikan informasi tidak berpotensi SARA atau diskriminatif,” jelasnya.

Sebanyak lima lembaga hadir membahas pelaksanaan pilkada serentak ini. Sejumlah lembaga itu di antaranya, Komisi Pemilihan Umum, Komisi Penyiaran Indonesia, Ombudsman, Komisi Informasi Daerah dan Bawaslu di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Gubernur berharap, lima unsur ini berperan menyampaikan aturan main dalam proses pelaksanaan pilkada.

“Lima lembaga ini harus bersinergi dan berkoordinasi dalam peran pelaksanaan pilkada,” ungkapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Nona Dian Pratiwi
Editor: 
Huzari