Gubernur: Terus Perbaiki Kinerja

Belitung Timur – Sebanyak 75 peserta mengikuti Rapat Koordinasi Gubernur dengan Bupati dan Walikota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di ruang Auditorium Kabupaten Belitung Timur, Kamis (7/5/2015). Selain kepala daerah, kegiatan ini juga dihadiri pejabat di lingkungan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. 

Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Kepulauan Bangka Belitung berharap agar pemerintah daerah mempersiapkan diri, serta bersinergi dan terus berkoordinasi dengan kabupaten/kota. Sehingga ada perbaikan kinerja pelayanan kepada masyarakat. Melalui rakor ini diharapkan ada masukan dan manfaat untuk kebaikan masyarakat.

“Pemerintah mempersiapkan diri serta bersinergi dan terus berkoordinasi dengan kabupaten/kota,” saran Gubernur pada acara yang digelar Biro Pemerintahan Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tersebut, Kamis (7/5/2015).

Kegiatan ini menginventarisir isu strategis kabupaten dan kota. Disepakati isu yang dibahas terkait pengalihan kewenangan setelah ditetapkan Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Rakor juga bertujuan meningkatkan koordinasi dan kerja sama antar kepala daerah guna membahas, mencari solusi permasalahan di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Persamaan persepsi mengimpelemntasikan surat edaran Mendagri 120/253/SJ tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintah setelah ditetapkan Undang-Undang No 23 Tahun 2014 menjadi tujuan rakor. Selain itu, kenyiapkan inventarisir personel, pendanaan, sarana dan prasarana, serta dokumen (P3D) akibat pengalihan kewenangan, meningkatkan kelangsungan pelayanan masyarakat, khususnya dalam urusan yang dialihkan.

Dijadwalkan terdapat beberapa pemateri di antaranya, Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Dirjen Bina Usaha Kehutanan Kementerian Kehutanan, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Walikota Pangkalpinang, Bupati Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Bupati Belitung Timur.

Sementara Basuri Tjahaja Purnama Bupati Belitung Timur menjelaskan, sebagai pimpinan daerah di Negeri Serumpun Sebalai harus bersatu, bersinergi untuk kemajuan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Rakor ini hendaknya dapat meningkatkan kinerja, fungsi koordinasi, pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan otonomi daerah.

“Akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Nona Dian Pratiwi
Editor: 
Huzari