Gunakan Media Sosial Membangun Citra Pemerintah

Pangkalpinang – Media sosial sudah marak digunakan masyarakat. Untuk itu, pranata humas di lingkungan pemerintah dapat menggunakan media tersebut sebagai sarana membangun citra pemerintah. Terdapat beberapa strategi membangun citra pemerintah melalui media sosial, salah satu cara yakni menyapa pengguna media sosial dengan tema-tema sederhana.

Nurlaela Arief Head Of Corporate Communication PT Bio Farma mengatakan, membangun citra dapat dilakukan menggunakan media sosial seperti twitter . Untuk mengelola konten media sosial cukup 12 orang ditambah dua orang sebagai admin. Media ini digunakan mengingat sangat strategis pemanfaatan twitter. Sebab setelah menggunakan media sosial, tidak perlu banyak beriklan untuk pencitraan.

“Jika terdapat informasi negatif masuk dalam media sosial yang kita kelola, jangan direspon. Kalau ingin menanggapi, gunakan akun berbeda,” jelasnya saat menyampaikan materi dalam Workshop SDM Pranata Humas dan Humas Pemerintah se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Hotel Grand Mutiara, Rabu (3/6/2015).

Selain itu dapat menggunakan website sebagai media komunikasi. Ia menambahkan, website harus dihidupkan dengan banyaknya aktivitas. Website dapat digunakan sesuai kebutuhan. Dalam melakukan pengembangan media sosial terdapat beberapa tahap harus diperhatikan pertama, menentukan stakeholder. Pelaku kehumasan bisa menentukan siapa saja pihak-pihak berkepentingan dengan instansinya.

Lebih jauh ia mengatakan, menulis salah satu bagian penting untuk berkomunikasi. Selain itu, dengan melakukan penulisan dapat mengasah kemampuan praktisi-praktisi kehumasan seperti membuat press release, berita, artikel dan lain sebagainya. Tahapan selanjutnya menentukan konten, sebab konten ini merupakan materi atau isi yang ingin disampaikan di media sosial.

“Media dapat diisi tulisan, foto dan video. Sopan santun dalam konten juga harus tetap dijaga dalam berkomunikasi melalui media sosial,” tegasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pertiwi
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari