Hari ini Gubernur Erzaldi Rosman Tunjuk Satgas Pencegahan Penyebaran Virus Corona

PANGKALPINANG - Gubernur Erzaldi Rosman tunjuk Pimpinan Satgas Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) dalam Rapat Antisipasi Penyebaran Corona yang dilaksanakan di Ruang Tanjung Pendam, Kantor Gubernur Kep. Babel, Senin (16/03/20). 

Pimpinan satgas yang ditunjuk Gubernur Kep. Babel adalah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov. Kep. Babel, Mikron Antariksa untuk aksi penyemprotan cairan disinfektan di berbagai fasilitas umum. 

Untuk membasmi Virus Corona, selain penggunaan hand sanitizer dan mencuci tangan menggunakan sabun yang mengandung antiseptik terus dianjurkan. Sementara itu, penggunaan disinfektan juga diperlukan untuk benda tak hidup seperti bangunan, pegangan pintu, komputer, dan sebagainya pada fasilitas umum hingga lingkungan rumah pribadi.

Dalam rapat ini, Gubernur Erzaldi Rosman menargetkan kepada Tim Satgas Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) untuk secara masif dan bergerak serentak selama tiga hari mendatang untuk melakukan aksi penyemprotan cairan disinfektan terutama pada fasilitas umum, gerbang-gerbang pintu masuk seperti bandara dan pelabuhan dengan melibatkan Palang Merah Indonesia (PMI), Pramuka, KNPI bersama Kabupaten/ Kota se-Prov. Kep. Babel. 

Aksi ini akan dimulai pada hari Selasa, dengan target Bandar Udara Depati Amir Pangkalpinang dan fasilitas umum seperti sekolah, tempat ibadah, pasar hingga tempat wisata. 
Pada hari Rabu, bersama Kapolda Kep. Babel dan sektor terkait akan memantau aksi penyemprotan di Pelabuhan Sadai dan Pulau Belitung jika memungkinkan. 

Sedangkan di kabupaten lain seperti Pelabuhan Pangkal Balam, pelabuhan di Belinyu dan Muntok akan dipantau pada hari Kamis. 

Menurut Pimpinan Satgas Mikron Antariksa, pihaknya siap dengan 40 orang tim satgas yang telah ditunjuk yang dibantu oleh tim dari tiap kabupaten/ kota untuk melakukan aksi penyemprotan disinfektan dengan dukungan 30 buah alat semprot milik BPBD Prov. kep. Babel serta peralatan dari kabupaten/kota lainnya. 

“Targetkan lokasi dan manage dengan baik kekuatan dukungan alat, tenaga tim yang bertugas, cairan disinfektan, hingga perlengkapan pakaian penyemprotan agar aksi ini dilaksanakan maksimal,” ungkap Gubernur Erzaldi Rosman.

Tim satgas ini juga melekat fungsi berkelanjutan, yaitu atas kesiapan data aksi yang telah dilakukan satgas untuk dilaporkan ke pusat. Selain itu, dipastikan kesiapan jika sewaktu-waktu terdapat pasien suspect di Kep. Babel, satgas sudah miliki tim penanggung jawab tiap wilayah untuk ditindaklanjuti yang dibantu tim dari dinas kesehatan agar terarah dengan baik penanganannya.

“Bekerjalah secara maksimal agar masyarakat merasa aman karena pemprov tidak dalam kepanikan menyikapi wabah ini,” ungkapnya.

Disinggung juga oleh Gubernur Erzaldi Rosman, semua aksi ini juga sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi rangkaian Cengbeng yang terjadwal pada tanggal 5 April 2020 mendatang. 

“Pemerintah akan persiapkan 10 hari sebelum puncak Cengbeng pada 5 April mendatang dengan memastikan kunjungan ke Babel dilakukan dalam keadaan sehat,” ungkapnya. 

Lebih lanjut Gubernur Erzaldi Rosman mengatakan agar siapkan fasilitas atas tingginya tingkat kedatangan dalam rangka Cengbeng, seperti menyiapkan tempat cuci tangan beserta sabun di Ruang Kedatangan Bandara Depati Amir sebab hand sanitizer hanya bertahan 4 kali penggunaan saja selanjutnya cuci tangan sangat membantu membunuh virus.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nonadp
Fotografer: 
Iyas zi
Editor: 
Listya