Hari Pertama Pertandingan Catur Standar, Kekuatan Lawan Sulit Diprediksi

Pangkalan Baru - Hari pertama pertandingan catur standar dalam rangka Pornas Korpri XV, peta kekuatan masing – masing  peserta dari Kementerian, Lembaga dan Provinsi masih sulit diprediksi, semua berpeluang sama, terlebih dalam kategori catur standar ini ritme waktu permainan lebih lama dari catur kilat, sehingga sangat dibutuhkan fisik dan mental yang prima dari para peserta, demikian diungkapkan oleh Sofyan salah satu atlet catur Bangka Belitung.

Ditambahkan Sofyan, Bangka Belitung sebagai tuan rumah jangan sampai prestasinya menurun tapi harus lebih baik lagi, hal ini menurutnya diperlukan komitmen  bersama khususnya dari Percasi Babel dalam menyeleksi bibit pecatur yang potensial dimasa depan agar dapat berprestasi.

Jika pada hari sebelumnya catur kilat diikuti oleh 258 peserta,  maka dalam pertandingan catur standar tercatat sebanyak 244 pecatur saling berhadapan, mereka terdiri dari 86 peserta perorangan, 136 peserta beregu putra (33 Tim), 14 peserta beregu putri (5Tim) dan 8 peserta perorangan putri.

Bertempat di Gedung Convention Centre Restoran Gale-Gale Pangkalan Baru, Bangka Tengah, jalannya pertandingan cukup memakan waktu, untuk menyelesaikan 1 babak diperlukan waktu kurang lebih 3 jam, sehingga pada hari Rabu, 13/11/2019 mulai pukul 09.00 Wib sampai dengan pukul 17.30  hanya dipertandingan 2 babak.

Atlet catur perorangan putra Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Sofyan pada pertandingan hari ini memperoleh kemenangan atas Edi P Utama dari BAPPENAS dan Daeng Sigolo dari Mahkamah Agung dengan perolehan nilai 2 poin sedangkan Suhendra di babak 1 unggul atas Endang HS dari Jawa Barat dan di babak 2 harus mengakui keunggulan lawannya Edi Irawan dari Sumsel dengan perolehan nilai 1 poin.

Sementara itu pecatur beregu putra Bangka Belitung atas nama Luthfi, Saimun, Haryanto dan Lias pada babak pertama hanya berhasil mengantongi 1 poin dari 2 menang dan 2 kalah dari pecatur beregu Kemendagri sedangkan dibabak ke-2 melawan Papua Barat  hanya mengantongi 1 poin sehingga total  perolehan 2 poin.

Untuk catur standar ini sesuai jadwal besok, Kamis tanggal 14 November 2019 masih dilangsungkan pertandingan babak 3 dan 4 untuk masing – masing nomor pertandingan baik perorangan putra, perorangan putri, beregu putra dan beregu putri.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Erik
Fotografer: 
Erik