Hendarji Soepanji : IPJI harus mengedepankan profesionalisme dan integritas

PANGKALPINANG – Ditengah euforia  informasi yang sangat mudah diakses oleh publik saat ini, tentunya informasi yang konstruktif didasari atas realitas faktual serta solutif dan mudah dicerna tentunya sangat dibutuhkan baik oleh publik maupun pemerintah ditengah upaya menjalankan program kerjanya.

Hal tersebut disampaikan oleh dewan penasehat IPJI Hendarji Soepanji usai melantik pengurus wilayah IPJI provinsi kep. Bangka Belitung dalam sambutannya ia menyatakan bahwa sebagai organisasi profesi dalam menjalankan tugas dan fungsi jurnalis mampu mengedepankan profesionalisme dan integritas.

“IPJI adalah organisasi profesi, bukan LSM, bukan parpol, sebagai organisasi profesi maka prinsip profesionalime jurnalisme harus ditegakan berdiri diatas nilai-nilai integritas dan moral, tegasnya.

Arahan kepada semua anggota dan pengurus IPJI harus konsisten untuk menyebarluaskan informasi, memberi informasi yang tajam, akurat dan terpecaya dan bagaimana memulainya yaitu dimulai dari  dengan mengidentifikasi masalah yang didasarkan pada fakta bukan pada opini, hasil analisa yang kritis logis dan solutif dan  komunikasi yang membangun. tegas Hendarji Soepanji.

Kedua, arahan dimana sebagai sebuah organisasi, IPJI juga harus dimanage dengan benar dan baik .

Ketiga, arahan kepada seluruh penulis dan jurnalis untuk  tetap berpegang pada netralitas, tulis apa adanya tanpa berpihak ke kiri dan kekanan, karna kepentingan IPJI adalah kepentingan nasional, politik IPJI adalah politik negara, politik negara adalah UUD 45 dan pancasila jangan keluar dari UUD 45 dan Pancasila, negara ini dibangun atas nilai-nilai kebangsaan sehingga prulalisme dan kemajemukan menjadi bagian dari sikap hidup bangsa, pahami benar-benar pancasila dan  mulailah menulis berdasarkan fakta, tidak beropini, dimana fakta itu ditulis dengan kritis logis, analistis komprehensif dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga bermanfaat bagi bangsa dan negara”, ungkap dewan penasehat IPJI Hendarji Soepanji diakhir sambutannya.

Senada dengan dewan penasehat IPJI, gubernur kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi menyampaikan harapannya yakni sebagai mitra pemerintah, kehadiran IPJI wilayah Bangka Belitung dapat memberikan informasi yang membangun yang sangat dibutuhkan daerah ditengah upaya membangun daerah.

“ bapak/ibu sekalian tentunya melalui kehadiran IPJI sebagai organisasi profesi, ikatan penulis dan ikatan jurnalis atau disingkat IPJI ini,  yang juga selaku mitra pemerintah saya berharap mampu menyajikan tulisan yang berisikan gagasan konstruktif , mudah dicerna, membangun situasi kondusif dan solutif sangat diharapkan ditengah era kebebasan informasi saat ini, ungkap gubernur Rustam Effendi dalam sambutannya yang disampaikan oleh  asisten II pemprov Bangka Belitung, Andre Wahono  pada acara pelantikan pengurus Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) wilayah Bangka Belitung, Senin 27/01, di Hotel Santika, Bangka Tengah.

Adapun Tim kepengurusan DPW IPJI Kepulauan Bangka Belitung periode 2014-2019 diantaranya :

I.Dewan Penasehat :

1. Erzaldi Rosman, SE, MM

2. Albana

3. Ahmadi Sofyan

4. Drs. Ahmad Elfian M.Si

5. Dharmanirmala, SH, M.Hum

6. Djunaedi Abdillah, SH.MM

7. Darus Alfin, SE, M.Msi

8. Maulana Igun

II.Badan Pengurus Harian

Ketua         : Feryandi, SE
Sekretaris : Imam Kusni, S.Ag
Bendahara : Herry Kurniawan, SH

Dan beberapa tim biro yaitu biro organisasi, kaderisasi dan keanggotaan, biro pembinaan dan pengembangan penulis, biro pengembangan jurnalis, biro penerbitan media massa, biro penelitian dan pengembangan, biro pengembangan usaha dan penerbitan, biro hubungan antar lembaga, biro advokasi dan biro informasi dan humas. Selain acara pelantikan, acara diawali dengan pemutaran film mengenai jejak rekam pembentukan DWP IPJI di seluruh wilayah indonesia.  (eff/k5/sm)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Effendi | Khalimo
Fotografer: 
Khalimo
Editor: 
Khalimo