Hidayat Arsani Di Daulat Sebagai Wakil Gubernur Babel Periode 2012-2017

Pangkalpinang – Angka 13 yang suka dikaitkan sebagai angka sial sepertinya tidak berlaku di hari ini. Pasalnya di hari kamis tanggal 13 Maret 2014 ini menjadi hari bahagia Hidayat Arsani. Setelah melalui proses tahapan-tahapan pemilihan calon Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, beliau berhasil menduduki posisi nomor dua di Babel mendampingi Gubernur Rustam Effendi, dengan perolehan 33 suara dari total 43 suara anggota DPRD Bangka Belitung yang menggunakan hak pilihnya.

Rapat Paripurna DPRD Babel dengan agenda penetapan, pemilihan dan pengesahan Wakil Gubernur dilaksanakan di Gedung DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Para awak media berkumpul untuk turut menyaksikan secara langsung pemilihan calon Wakil Gubernur tersebut.

Diawal acara Sekretaris Dewan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung K. A. Tajjudin menyampaikan, bahwa setelah melalui proses panjang dan adanya kesesuaian administrasi, maka ada dua kandidat yang sesuai, yaitu Hidayat Arsani dari partai Golkar, dan Drs. Ridwan Thalib dari Partai Keadilan Sejahtera.

Pro dan kontra akan selalu terjadi dimana saja, bahkan disaat detik-detik pemilihan Wakil Gubernur. Tetapi acara tetap berjalan lancar, walaupun sempat terjadi interupsi oleh Deddy Yulianto dari partai Gerindra atas sistem pemilihan. Ia berharap mekanisme sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku supaya tidak ada cacat hukum. Karena hal ini menyangkut masa depan Bangka Belitung. Dan hal senada juga diungkapkan oleh Aksan dari PKS. Kemudian Ketua DPRD Prov. Kep. Bangka Belitung, Didit Srigusjaya, SH, MH mengungkapkan bahwa BAP berkas-berkas kedua calon lengkap, maka sidang akan tetap dilanjutkan

Saat pemilihan berlangsung, sempat dinyatakan bahwa dua kertas suara pemilihan Wakil Gubernur tidak sah. Dikarenakan , satu kertas suara dicontreng di dua kandidat, sedangkan satu kertas suara lainnya, tidak dicontreng pada kotak contreng tetapi dicontreng pada nama salah satu kandidat.

Akhirnya pemilihan suara sempat dilakukan ulang karena masih diperdebatkan atas kertas suara yang tidak sah. Tetapi hal tersebut tidak memengaruhi kenyataan bahwa Hidayat Arsani unggul jauh dari kandidat lainnya. Maka berdasarkan hasil keputusan Hidayat Arsani ditetapkan sebagai Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk sisa jabatan 2012-2017. (K5/MC)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo
Editor: 
Khalimo