Hj. Melati Erzaldi : Keterampilan Vokasional Sebagai Bekal Kembali Ke Masyarakat

Pangkalpinang - Ketua Dewan Kerajinan Daerah Provinsi Kep. Babel, Hj. Melati Erzaldi Rosman dengan disaksikan oleh Ketua Pengurus Bidang Manajemen Bidang  Usaha Dewan Kerajinan Nasional, Bintang Puspayoga hari ini Minggu (9/12) melaksanakan Penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Pangkalpinang.

Selain penandatangan kerjasama, dalam kunjungan pengurus Dekranas dan Dekranasda Provinsi Babel siang itu turut dilakukan peninjauan terhadap aktivitas pembinaan yang dilakukan oleh pihak lapas kepada warga binaan.

Peninjauan diantaranya melihat proses pembuatan roti; pembuatan batik motif, pembuatan kerajinan tas dan usaha laundry yang dilakukan oleh warga binaan lapas Pangkalpinang.

Adapun pelaksanaan kerjasama antara Dekranasda dengan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Pangkalpinang, diungkapkan Hj Melati Rosman sebagai tindak lanjut atas perjanjian kerjasama yang telah dilakukan oleh pemerintah provinsi dengan Kementerian Hukum dan HAM.

“ Jadi penandatangan kerjasama ini merupakan turunan MoU yang sebelumnya telah dilakukan oleh pemerintah provinsi dengan KemenKUMHAM,  dan Dekranasda sebagai mitra pemerintah provinsi menindaklanjuti dari MoU tersebut, “ungkap Hj Melati Erzaldi Rosman.

Dalam kesempatan tersebut  Hj. Melati Erzaldi Rosman juga menyampaikan motivasi dan apresiasi atas produk yang dihasilkan oleh warga binaan lapas selama menjalani masa tahanan dan berharap hal tersebut dapat menjadi bekal bagi warga binaan saat memasuki masa bebas.

“ Saya yakin dan percaya bahwa warga binaan lapas ini punya talenta dan potensi dalam menghasilkan produk-produk dan berharap ke depan dapat ditindaklanjuti dengan adanya koperasi dimana koperasi ini nantinya yang langsung menjual hasil-hasil produk warga binaan lapas,” ungkap Ketua Dekranasda

Pendidikan vokasional melalui pembekalan keterampilan yang didapatkan oleh warga binaan selama di lapas diharapkan Ketua Dekranasda dapat menjadi bekal bagi warga binaan.

“ Jadi melalui keterampilan vokasional yang warga binaan dapatkan ini dapat menjadi bekal saat nanti kembali ke masyarakat”, tutur Hj. Melati Erzaldi

Kegiatan kunjungan sosial Dekranas dan Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siang itu pun diakhiri dengan pemberian sejumlah bantuan peralatan membuat kue kepada pihak lapas dalam membantu proses binaan warga lapas.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Fitra