HKN ke-55, Fokus Membangun Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

PANGKALPINANG – Dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas adalah stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Demikian diungkapkan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia dalam apel peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 yang digelar di Akademi Keperawatan Pangkalpinang. (12/11/2019)

“Sebagaimana yang diamanatkan presiden dalam pelantikan Kabinet Indonesia Maju 2020-2024 bahwa perhatian pemerintah dalam kurun lima tahun mendatang, diprioritaskan pada pembangunan sumber daya manusia,” jelas Mulyono.

Mulyono melanjutkan bahwa berbagai keberhasilan pembangunan kesehatan untuk pembangunan SDM telah diraih dari kinerja kabinet lalu. “Salah satu indeks pembangunan manusia Indonesia meningkat setiap tahun, yaitu usia harapan hidup. Dan dalam kurun waktu lima tahun, angka stunting telah berhasil diturunkan hampir 10 persen,” lanjut Mulyono. 

JKN telah dilaksanakan sepenuhnya, lanjutnya. Walaupun besar tantangan yang dihadapi, peningkatan pemanfaatan JKN menjadi bukti bahwa JKN sangat dibutuhkan oleh masyarakat indonesia. “Untuk itu, mari kita cari solusi bagaimana mengatasi masalah yang dihadapi saat ini dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih adil dan merata,” tuturnya.

Melalui momentum Hari Kesehatan Nasional ini, lanjutnya, marilah kita konsentrasikan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan untuk menitikberatkan pembangunan generasi sehat yang dilandasi tekad untuk memajukan bangsa. “Untuk itu, saya berharap kita dapat bekerja sama dengan baik dalam melakukan upaya inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku sesuai amanat presiden, khususnya dalam mengentaskan stunting dan memperbaiki layanan kesehatan serta membenahi tata kelola BPJS kesehatan serta penyediaan obat dan alat kesehatan lokal yang murah berkualitas,” jelasnya.

“Atas nama pemerintah, izinkan saya menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi- tingginya kepada para insan kesehatan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada segenap jajaran kesehatan, jajaran lintas sektor di pusat dan daerah serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah untuk melaksanakan pembangunan kesehatan dalam mempersembahkan Generasi Sehat Indonesia Unggul. Selamat Hari Kesehatan Nasional,” pungkas Mulyono.

Apel ini diikuti oleh jajaran insan kesehatan dari berbagai institusi kesehatan, termasuk organisasi profesi. 

Sumber: 
Dinkes Babel
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Ramzani