Humas Harus Pandai Mengemas Rilis Pers

Pangkalpinang - Pencitraan positif lembaga menjadi peran penting kehumasan. Terdapat beberapa langkah penting harus diperhatikan, salah satunya yakni mengemas rilis pers yang baik. Pasalnya hal tersebut dapat menjadi penentu bagi media untuk mempublikasikan rilis.

Indra Gunawan Redpel Tam TV menjelaskan, ada beberapa persiapan untuk membuat rilis pers yaitu, menetapkan tujuan, mengumpulkan bahan, memahami bahan, merancang outline tulisan, menyiapkan foto, video atau grafis. Sedangkan dalam menulis rilis hendaknya menggunakan bahasa sederhana, jelas dan singkat.

"Gunakan struktur berita piramida terbalik, mengandung unsur 5 w + 1 h. Kecepatan pengiriman rilis ke media juga harus diperhatikan, kalau bisa kirimkan rilis secepat mungkin," katanya saat menyampaikan materi pada kegiatan Bimbingan Teknis Optimalisasi Peran Humas Menuju Good Governance dan Clean Governance di Novotel Bangka Tengah, Selasa (29/4/2014).

Pencitraan yang menarik memperhatikan beberapa aspek antara lain, dampak, kedekatan, momentum, manusiawi, langka dan ketokohan. Ia menambahkan, mengenai relasi positif dengan media merupakan bentuk kerjasama saling pengertian dan saling menguntungkan dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dalam jangka panjang.

Sementara Renny Hutagalung Kepala Bidang Humas PT Timah Tbk mengatakan, humas merupakan instrumen yang memiliki 'daily job' yang dinamis. Karena humas idealnya bekerja secara terencana untuk menerjemahkan kegiatan strategis korporasi. Untuk PT Timah, posisi humas dalam struktur organisasi berada di satuan kerja sekretaris perusahaan. Satker ini secara langsung dipimpin direktur utama.

Untuk menyasar komunikasi internal, jelasnya, humas PT Timah mempunyai majalah STANNIA. Kegiatan kehumasan tidak semata-mata untuk membantu korporasi meningkatkan keuntungan. Namun juga dapat menyeimbangkan antara keuntungan perusahaan dan keuntungan publik.

"Konsep hubungan masyarakat pada dasarnya mengarah pada gagasan komunikasi dua arah, menekankan pada konsep timbal balik dan relationship," tegasnya.(hzr/rf)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari | Rizky
Fotografer: 
Rizky
Editor: 
Rizky