HUT DWP Babel, Perempuan Berkualitas akan Meningkatkan Ketahanan Keluarga

Pangkalpinang - Darma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke 16 yang jatuh pada 7 Desember 2015 mendatang, melaksanakan Konferensi Pers di Media Center Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (2/12/2015) terkait program apa saja yang dilaksanakan untuk merayakan HUT DWP tahun ini.
 
Dalam Konferensi Pers Ny. Hj. Yanti Anita Syahrudin selaku Ketua DWP di damping oleh Ny. Hj. Khadijah Sahirman (Sekretaris DWP Prov. Kep. Babel), Ny. Hj. Hendaryani Tajuddin (Ketua Bidang Pendidikan sekaligus Ketua Panitia HUT DWP), Ny. Enny Suranto (Ketua Bidang Ekonomi sekaligus Wakil Ketua Panitia HUT DWP).
 
Hj. Yanti menjelaskan bahwa DWP ini adalah wadah untuk istri-istri Aparatur Sipil Negara untuk dibina menjadi istri ASN yang baik, melakukan perencanaan kerja dan melaksanakan program kerja DWP.
 
Dalam kesempatan yang sama, Hj. Khadijah juga menambahkan bahwa Bidang-bidang di DWP sudah bekerja sesuai dengan tupoksinya. “Tiga Bidang di DWP diantaranya, Bidang Pendidikan, Bidang Ekonomi dan Bidang Politik Sosial Budaya, sudah ada tupoksinya dan bekerja sesuai tupoksinya masing-masing,” tambah Hj. Khadijah
 
HUT DWP adalah salah satu program yang harus dijalankan setiap DWP seluruh Indonesia. Melalui perayaan HUT, ada beberapa program yang dapat dilaksanakan, diantaranya kegiatan Bakti Sosial pada tanggal 18 November 2015 lalu, kegiatan Donor Darah serempak se Indonesia yang dilaksanakan pada 2 Desember 2015 dan sebagai puncak acara 7 Desember 2015 nanti akan dilaksanakan di lantai 3 kantor Gubernur. “Alhamdulillah persiapan puncak perayaan HUT DWP sampai hari ini sudah lebih dari 75%,” Jelas Hj. Hendaryani saat menjelaskan rangkaian acara HUT. 
 
Perayaan HUT DWP kali ini tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Umumnya HUT langsung mengena kepada masyarakat, berbeda dengan tahun ini, Bakti Sosial sosial bahkan hanya dilaksanakan di Kantor Sekretariat DWP saja. “Sasaran penerima bantuannya adalah Pegawai Honorer dan Cleaning Service di Lingkungan Kantor Gubernur Babel," ungkap Hj. Yanti.
 
Sedangkan kegiatan Donor Darah sendiri, mampu mengumpulkan lebih dari 26 kantong darah yang pendonornya berasal dari anggota atau istri ASN dan keluarga Anggota DWP.  Dua rangkaian perayaan HUT ini dilaksanakan sesuai petunjuk pelaksanaan dari pusat bahwa kegiatan HUT DWP harus sederhana dan mengena pada anggota, keluarga dan masyarakat.
 
Hal ini juga sejalan dengan tema HUT tahun ini, Peningkatan Kualitas Perempuan Menuju Ketahanan Keluarga. DWP berharap bahwa untuk perbaikan hidup harus dimulai dari kualitas hidup perempuan karena kualitas hidup perempuan yang lebih baik, maka kualitas ketahanan keluarga akan lebih baik pula. 
 
Enny Suranto menambahkan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas ketahanan keluarga, setiap Anggota DWP harus mampu meningkatkan taraf hidup dengan menjadi entrepreneur (pengusaha). “Keberhasilan bidang ekonomi DWP Babel adalah ketika anggota mampu menjadi pengusaha walaupun usahanya adalah usaha kecil,” ungkapnya.
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pratiwi
Fotografer: 
Adi Tri Saputra