Huzarni : Sosialisasi Pilkada Tidak Berjalan Dengan Baik

Toboali - Proses pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Bangka Selatan hingga saat ini berjalan kondusif. Namun, menurut Penjabat Bupati Kabupaten Bangka Selatan, Huzarni saat memantau pelaksanaan pilkada ke beberapa TPS yang ada di Kabupaten Bangka Selatan khususnya di Desa Airbara Rabu (9/12), masyarakat yang mendatangi TPS untuk melakukan pemungutan suara masih relatif sedikit. Hal ini disebabkan sosialisasi tentang pemilihan kepala daerah dinilai belum berjalan dengan baik.

Huzarni mengatakan pelaksanaan pilkada tahun ini tidak seperti tahun sebelumnya, yang dinilai cukup baik. Peraturan yang dibuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang Pemasangan baleho satu titik untuk satu desa dalam rangka sosialisasi pilkada tahun ini dinilai tidak relevan. Sehingga menurutnya terkesan tidak ada pesta demokrasi.

"Tahun ini sosialisasi pilkada tidak berjalan dengan baik, adanya peraturan sosialisasi melalui baleho oleh KPU, saya nilai tidak relevan sehingga terkesan tidak ada pesta demokrasi", ujarnya.

Menurut Huzarni hingga saat ini antusiasme masyarakat Kabupaten Bangka Selatan untuk melakukan pemungutan hanya 30 persen dari target 60 persen. Selain kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, kendala cuaca juga menyebabkan terhambatnya pelaksanaan pilkada. Banyak masyarakat yang tidak bisa datang ke TPS karena hujan.

Walaupun demikian Huzarni berharap agar seluruh masyarakat di Kabupaten Bangka Selatan dapat ikut serta memberikan suara dalam pemilihan kepala daerah ini. Sebab, menurut Huzarni suksesnya pilkada ini dilihat dari antusiasme masyarakat itu sendiri.

Huzarni juga berharap kepada calon pasangan yang memenangkan pilkada agar dapat memimpin Kabupaten Bangka Selatan dengan baik, jujur dan mengutamakan kepentingan rakyat, juga kepada pasangan calon yang kalah agar tidak berkecil hati.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari
Fotografer: 
Fajrina Andini