Ibu Melati Erzaldi serahkan Bantuan Freezer ke Koperasi Wanita Lubuk Besar

LUBUK BESAR - Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi menyerahkan bantuan chest freezer kepada Koperasi Wanita "Al Muqsith", Dusun Sungai Tebuk, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah. 

Penyerahan bantuan dilakukan di Taman Pembacaan Alquran (TPA), Dusun Sungai Tebuk, Desa Lubuk Besar, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (23/10/20). 

Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Babel, Melati Erzaldi dalam arahannya menyampaikan, bantuan chest freezer yang diberikan ini dapat bermanfaat untuk mengolah hasil perikanan sehingga, memberi tambahan penghasilan jika dibandingkan dengan hasil tangkapan ikan yang langsung dijual ke pasar atau tempat pelelangan ikan. 

Ibu Melati juga mengapresiasi semangat ibu-ibu di dusun ini. Menurutnya, sebagai seorang istri juga harus mampu menjadi mitra dalam bekerja. Melalui Koperasi Al Muqsith ini, ibu-ibu bisa membuat produk yang dapat menambah penghasilan. 

"Ibu-ibu adalah pejuang ekonomi tangguh," ungkapnya.

Terkait bantuan saat ini pihaknya juga telah mengembangkan alat pengering ikan yang diciptakan oleh para anak-anak muda. Alat ini bisa membuat ikan asin yang lebih higienis sehingga, ikan asin yang selama ini yang dianggap tidak higienis menjadi naik kelas. Nantinya dengan pendampingan dari Dinas Koperasi dan UKM Babel mengenai proses pengemasan. Ke depannya, orang akan tertarik dengan ikan asin produksi Bangka Belitung. 

Sekretaris Dinas DKP Babel, Arif Febrianto melaporkan bantuan ini diserahkan sebagai bentuk kegiatan pengembangan sarana dan prasarana usaha pengolahan hasil perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2020. Diharapkan dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di daerah.

Sementara itu, Ketua Koperasi Al Muqsith, Nurlaili mengatakan koperasi ibu-ibu di Dusun Sungai Tebuk ini berdiri sejak tahun 2013 dengan jumlah anggota awal berjumlah 20 orang, kini bertambah menjadi 40 orang. Koperasi ini menjalankan usaha berupa pengolahan hasil perikanan seperti produksi ikan kerok, ikan asin, dan kemplang. 

Hadir dalam kegiatan ini Dinas Perikanan dan Kelautan Babel, Sekretaris DKP Bangka Tengah, Imam dan staf, yang diikuti oleh masyarakat Dusun Sungai Tebuk, Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah,  kebanyakan adalah Ibu-ibu.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Iyas Zi
Editor: 
Listya