Imam : Konsolidasi dan Koordinasi Sangat Penting

Pangkalpinang – Konsolidasi dan Koordinasi antar pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi dengan Kabupaten/Kota sangat penting untuk mengembangkan seni kerajinan kreatif daerah.

Imam Mardi Nugroho, Penasehat Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat menyampaikan sambutan saat membuka Musda Dekranasda mengungkapkan konsolidasi dan koordinasi sangat penting untuk mendorong, menggali dan melestarikan, membina, dan menumbuh  serta mengembangkan seni kerajinan daerah. Apalagi belakangan ini egosentris otonomi daerah antara Provinsi dengan Kabupaten/Kota semakin terasa, Kamis (07/11).

Dekranasda yang merupakan organisasi independent dan nirlaba yang bermitra dengan pemerintah dalam membina dan mengembangkan seni kerajinan kreatif berbasis budaya daerah sekaligus dapat meningkatkan daya saing produk kerajinan dan kesejahteraan perajin, kata Imam.

Imam juga menjelaskan pemerintah sangat memperhatikan perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Ini terbukti pada tahun 2008, pemerintah meluncurkan cetak biru ekonomi kreatif. Dimana industri kreatif kerajinan menjadi salah satu sub sektor yang harus dikembangkan karena sumbangan industri kreatif kerajinan terhadap PDB pada kurun waktu 2002-2008 sebesar 25%.

Sedangkan di Bangka Belitung data dua tahun terakhir menunjukkan peningkatan pertumbuhan industri kerajinan rata-rata 9% per tahun dan hingga tahun 2012 tercatat telah menyerap 1.198 tenaga kerja seiring semakin terkenalnya Bangka Belitung sebagai salah satu destinasi wisata nasional, papar Imam.

Selain agenda musyawarah daerah yang membahas program kerja lima tahun kedepan, musda ini dapat mendorong terciptanya sinergi antara Dekranasda Provinsi dengan Dekranasda Kabupaten/Kota. Sehingga berdampak positif terhadap pengembangan industri kerajinan di Bangka Belitung, harap Imam.

Karena industri kerajinan kreatif dapat menjadi salah satu alternatif pemnerdayaan ekonomi masyarakat pasca pertambangan timah serta dapat mendukung Bangka Belitung menjadi destinasi wisata nasional unggulan, tutup Imam.  

Musda Dekranasda yang diselenggarakan di Gedung PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga dihadiri oleh pengurus Dekranasda Provinsi, Dekranasda Kabupaten/Kota dengan agenda pelantikan dan pengukuhan pengurus Dekranasda Provinsi Bangka Belitung periode 2013-2018 dan penyerahan bantuan kepada perajin potensial Kabupaten/Kota.(fa/sc)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Fajrina | Suci Lestari
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Fajrina