IMT-GT Homestay Fair dan Workshop Oldtown Resmi Dibuka


Muntok - Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan kegiatan berskala internasional yang berlangsung serempak sejak 11 hingga 12 september 2015. IMT-GT (Indonesia, Malaysia, Thailand - Growth Triangle) Homestay Fair dan Workshop Oldtown  2015 ini merupakan kerjasama subregional, diantaranya Indonesia, Malaysia, Thailand Growth Triangle dibidang pariwisata sebagai promosi dan pemasaran.

Event ini telah dilaksanakan sejak tahun 2012, dan tahun 2015 ini Indonesia menjadi tuan rumah adalah Indonesia, tepatnya Kota Muntok Kabupaten Bangka Barat, Provinsi kepulauan Bangka Belitung. Pembukaan IMT-GT Homestay Fair dan Workshop Oldtown 2015 dilaksanakan di Gedung Majapahit Pusat Metallurgi (PUSMET) Muntok pada 11 September 2015.

Kesediaan Indonesia menjadi tuan rumah ini telah disampaikan saat ASEAN Tourism Forum Meeting di Kuching Malaysia dan pertemuan IMT-GT working Group on Tourism Meeting di Thailand. Event tahunan ini dilaksanakan untuk mempererat hubungan kerja sama bidang pariwisata, ekonomi dan sosial antara negara-negara ASEAN dengan objek tahun ini adalah kota Muntok sebagai Kota Pusaka Nasional yang telah ditetapkan sejak tahun 2012 ini secara Nasional maupun Internasional.

Dalam sambutannya, Zuhri M Syazali Bupati Bangka Barat menyampaikan bahwa kota muntok merupakan kota yang menghasilkan berbagai komoditi seperti lada dan juga dikenal sebagai kota seribu kue dan kota tua. Dalam perkembangan sektor pariwisata, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat terfokus pada pengembangan pariwisata dan wisata sejarah untuk masa yang akan datang.

Partisipasi Pemda Bangka Barat dalam IMT-GT Homestay Fair dan Workshop Oldtown, salah satunya dengan menyediakan 70 homestay dan 149 kamar. Peserta dapat merasa nyaman walaupun hanya berkunjung dalam waktu yang singkat. 

"Kami berharap event ini bisa menjadi moment sejarah khususnya bagi masyarakat Kota Muntok," ungkap Zuhri.

Zuhri juga berharap seluruh partisipan dan delegasi dapat pengetahuan tentang Kota Muntok. "Kunjungan ini diharapkan bukan kunjungan terakhir tetapi akan ada kunjungan-kunjungan berikutnya bersama keluarga," harapnya.

Sementara Tajuddin, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Babel yang hadir dalam acara pembukaan IMT-GT Homestay fair dan workshop Oldtown mewakili Gubernur Kep Babel menyampaikan bahwa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu dari 10 Provinsi yang tercatat dalam keanggotaan IMT-GT yang bertujuan untuk mempromosikan pariwisata seperti pengembangan wisata homestay yang nantinya akan membentuk jaringan program homestay antar negara anggota IMT-GT ini.

Pemilihan Kota Muntok ini sebagai tempat terselenggaranya IMT-GT homestay fair dan workshop Oldtown ini sangat tepat, mengingat kota Muntok adalah kota penuh sejarah dan memiliki potensi pariwisata yang cukup tinggi.

"Kota Muntok sudah saatnya menjadi kota inspirasi bagi Negara lain dalam upaya megembangkan potensi pariwisata bertema sejarah," ujarnya.

Lebih jauh, Tajuddin sangat yakin bahwa dengan dorongan pemerintah baik pusat, daerah maupun masyarakat maka tujuan ini akan terwujud.

"Harapannya, dengan sinergitas antara  pemerintah pusat, provinsi, dan pemerintah daerah ini dapat terus berlangsung  dan momen event seperti ini dapat menjadi titik awal percepatan perkembangan pariwisata," ungkapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pratiwi
Fotografer: 
Fajrina | Suci Lestari